The Future of E-commerce
Menurut Organisasi Perdagangan Dunia (INAS 2016), e-commerce dapat memainkan peran penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan peningkatan standar hidup, terutama untuk negara-negara berkembang. Ini adalah salah satu faktor yang berkontribusi bagi masa depan e-commerce EC yang cerah.
Beberapa tren ekonomi, teknologi, dan sosial berdampak pada EC dan membentuk arahnya. Misalnya, sebagian besar pakar sepakat bahwa peralihan dari EC ke perdagangan seluler tidak bisa dihindari. Selain itu, banyak yang percaya pada masa depan perdagangan sosial, sebagai komponen utama dari e-commerce. Akan ada lonjakan dalam penggunaan e-commerce di negara-negara berkembang (sebagian besar berkat smartphone dan tablet serta sistem pembayaran elektronik). e-commerce akan memenangkan pertarungan melawan ritel konvensional.
Akhirnya, e-commerce akan meningkatkan jangkauan globalnya. EC akan berdampak pada beberapa industri lebih dari yang lain. Dampak ini berubah seiring waktu. Misalnya, dampak besar dalam 8 tahun terakhir terasa di perjalanan, ritel, pialang saham, dan perbankan. Berikutnya adalah film, perawatan kesehatan, penerbitan buku, dan pembayaran elektronik. Prediksi hari ini tentang ukuran EC di masa mendatang, yang disediakan oleh analis yang dihormati seperti comScore, eMarketer.com, dan Forrester, bervariasi. Untuk daftar situs yang menyediakan prediksi dan statistik EC lainnya
Dikutip dari
Efraim Turban,David KIng,Jae Lee,Ting-Peng Liang. (2018). Electronic Commerce A Managerial And Social Networks Perspective, Springer International Publishing AG