Innovation as a management process
The fact is coming up with an idea is the least important part of creating something
great. The execution and delivery are what’s key.
(Sergey Brin, Co-founder of Google, quoted in The Guardian (2009))
Pernyataan Sergey Brin, salah satu pendiri Google, menegaskan bahwa kita perlu melihatnya inovasi sebagai proses manajemen. Bagian sebelumnya telah mengungkapkan hal itu Inovasi bukanlah peristiwa tunggal, tetapi serangkaian kegiatan yang terkait dalam beberapa cara dengan yang lain. Ini dapat digambarkan sebagai suatu proses dan melibatkan:
1 tanggapan terhadap kebutuhan atau peluang yang bergantung pada konteks;
2 upaya kreatif yang, jika berhasil, menghasilkan pengenalan kebaruan;
3 kebutuhan untuk perubahan lebih lanjut.
Biasanya, dalam mencoba menangkap proses kompleks ini, penyederhanaan telah menyebabkan kesalahpahaman. Model linear inovasi sederhana dapat diterapkan hanya pada beberapa inovasi dan lebih berlaku untuk industri tertentu daripada yang lain. Industri farmasi mencirikan banyak technology-push model. Industri lain, seperti industri makanan, lebih baik diwakili oleh market-pull model.
Bagi sebagian besar industri dan organisasi, inovasi adalah hasil dari campuran keduanya. Manajer yang bekerja di dalam organisasi ini memiliki tugas yang sulit untuk mencoba mengelola proses yang kompleks
Dikutip dari
Paul Trott (2017)- Innovation Management and New Product Development-Pearson