Saat Berbicara Melawan Bias, Pilih Pemirsa Anda dengan Hati-hati
Compiled by: Nugroho J. Setiadi, PhD
Orcid-ID: http://orcid.org/0000-0002-1864-0116
Hampir semua orang telah mengamati bias di tempat kerja. Mungkin Anda pernah menghadiri rapat dan mendengar lelucon seseorang tentang sekelompok orang tertentu, atau Anda memperhatikan bahwa orang-orang di tim Anda tampaknya mendapatkan proyek terbaik, walaupun rekan kerja wanita sama atau lebih cocok untuk pekerjaan itu. Tidak ada pertanyaan bahwa keberatan terhadap situasi seperti itu sulit dilakukan, jadi jika Anda berbicara, pikirkan baik-baik tentang siapa yang Anda ajak bicara. Jika orang yang membuat lelucon off-color atau ofensif adalah rekan kerja atau bawahan, yang secara langsung menangani masalah ini bisa efektif. Tetapi jika orang itu superior atau memiliki kekuatan lebih dari yang Anda lakukan, mungkin lebih bijaksana untuk berbicara dengan rekan terpercaya yang dapat memberikan dukungan, membantu mengidentifikasi orang yang tepat untuk diajak bicara, atau bahkan mungkin mengangkat masalah atas nama Anda. Tidak peduli apa yang Anda lakukan, cobalah untuk tetap tenang. Adalah normal untuk merasa emosional, tapi jangan biarkan perasaan Anda melemahkan misi Anda.
Diadaptasi dari “How to Speak Up If You See Bias at Work,” by Amber Lee Williams
Sumber: Williams, A. L. (2017). How to Speak Up If You See Bias at Work. Harvard Business Review. From: https://hbr.org/2017/01/how-to-speak-up-if-you-see-bias-at-work?referral=00203&utm_source=newsletter_management_tip&utm_medium=email&utm_campaign=tip_date&spMailingID=17014798&spUserID=Mzc5MDI3ODgzS0&spJobID=1001234544&spReportId=MTAwMTIzNDU0NAS2. Retrieved on April 18, 2017.