Lulus dari BBS Undergraduate Program Jurusan Management Dengan Skripsi Jalur Publikasi

Skripsi Jalur Publikasi. Kenapa tidak?

Kiri ke kanan: Gregorian Jerahmeel, Pak Ichsan dan Yesica

Kiri ke kanan: Mariani, Marcela, Pak Ichsan, Angelina dan Sheren

Kiri ke kanan: Agustina Dwianti, Pak Ichsan dan Advia Fildzah

 

Hello Binusian,

Di BBS UP sudah banyak lho mahasiswa yang lulus dengan menggunakan program skripsi jalur publikasi. Foto di atas ini adalah mereka yang berpose dengan salah satu dosen project management/operations management di dalam program Management (MN) di BBS UP yaitu Bapak Dr. Mohammad Ichsan, Dipl.-Ing.,MT yang memang sudah malang melintang di dalam penelitian di bidang project management. Karya beliau dengan mahasiswa BBS UP yang berpose di atas sudah masuk ke dalam jurnal-jurnal bereputasi bahkan sampai dengan Scopus Q2 (Jurnal Cogent Business & Management dari Taylor & Francis). Nah mereka adalah:

  1. Gregorian Jerahmeel dan Yesica (Binusian 2022) – Jurnal IJPOM (Q3) dan Cogent Business and Management (Q2)
  2. Marcela Astriani, Mariani dan Angeline Clairine (Binusian 2023) – Jurnal WSEAS Transaction on System (Q4) dan Cogent Business and Management (Q2)
  3. Agustina Dwianti dan Sheren Aurelia Limin (Binusian 2023) – Jurnal WSEAS Transaction on System (Q4)
  4. Advia Flidzah dan Siti Talidah (Binusian 2023) – Jurnal WSEAS Transaction on System (Q4)

Apa itu Skripsi Jalur Publikasi?

Ini adalah program dimana mahasiswa lulus dengan membuat paper dan mempublikasikanya bersama dosen pembimbing di jurnal internasional bereputasi (terindeks SCOPUS). Nah, dengan jalur ini, kalian tidak perlu membuat skripsi lagi dan sidangnya pun berupa poster presentation saja. Keren khan? Ini bagus lho buat modal kalian untuk melanjutkan ke jenjang studi selanjutnya dan pastinya kalian meninggalkan legacy yang tidak akan pernah terhapus.

Bagaimana caranya?

Pada umumnya di dalam skripsi jalur publikasi, pada umumnya kalian membantu dosen pembimbing kalian untuk memperdalam risetnya sesuai dengan cetak biru dan peta penelitian mereka. Kalian tinggal bertanya pada mereka di dalam perkuliahan mereka apakah mereka memiliki rencana penelitian yang kalian bisa buat menjadi skripsi kalian. Paling keren lagi, kalian sudah mulai melakukannya bahkan di perkuliahan metodologi penelitian (Research Methodology) di semester 5. Bahkan bisa diperdalam dengan menggunakan waktu internship kalian dengan research track! Keren khan? Yang pasti, nilai bagus menunggu kalian, kalau paper kalian diterima di jurnal bereputasi!

Bagaimana mempersiapkannya?

Nah, bagi kalian yang sudah di semester 4 dan 5 (terutama yang bakalan ambil mata kuliah metodologi penelitian), mulai deh lihat-lihat peminatan kalian dan berburu dosen mata kuliah yang akan kalian bidik untuk skripsi kalian ya. Setelah itu mulai deh tanya-tanya mereka, apakah mereka memiliki rencana penelitian yang bisa kalian pakai untuk skripsi di jalur publikasi. Mungkin mereka memiliki persyaratan khusus untuk bisa mengikutinya, misalnya mahir menggunakan software X, atau mahir menggunakan metode Y dan seterusnya. Setelah berdiskusi dengan mereka, coba deh langsung susun proposal penelitian dan lanjut ke penelitian bersama mereka.

Nah, yuk kita mulai hunting/berburu bahan penelitian dari dosen-dosen kalian yang keren di BBS UP MN. Kita tunggu ya!

 

Dr. Mohammad Ichsan, Dipl.-Ing., MT