The Appeal of Attractive Models

Daya Tarik Model Menarik

Estetika model penting. Model yang menarik lebih mudah dipahami dan lebih mudah diterima daripada model yang jelek. Oleh karena itu, model yang menarik lebih bermanfaat.

Ini adalah model proses bisnis yang valid, dan cukup sederhana, tetapi jelek. Proses tersebut menunjukkan aktivitas yang dilakukan oleh server, bartender, dan juru masak dalam menerima pesanan minuman dan makan malam di sebuah restoran, menyiapkannya, dan menyajikannya.

Model proses bisnis yang sama setelah perubahan; ia memiliki elemen dan alur pemodelan yang sama, tetapi disusun dengan cara yang menarik secara visual. Mengapa peduli dengan daya tarik seorang model? Orang-orang yang membaca dan menafsirkan model proses bisnis tidak akan peduli jika itu terlihat bagus. Mereka hanya ingin membacanya untuk melakukan pekerjaan mereka: memahami proses baru, menganalisis yang lama, atau memeriksa kepatuhan bahwa pekerjaan yang dilakukan dalam organisasi benar-benar sesuai dengan aktivitas dalam model. Jadi mengapa daya tarik model penting? Daya tarik model penting karena orang akan memiliki respons emosional terhadap model yang mereka lihat. Respon emosional mereka akan mempengaruhi kemampuan mereka untuk memahami model dan akan mempengaruhi penerimaan mereka terhadap model tersebut. Dalam pengalaman kami, model yang menarik jauh lebih mudah dipahami dan diterima orang daripada model yang jelek. Oleh karena itu, model yang menarik lebih bermanfaat.

Reference :David M. Bridgeland, Ron Zahavi – Business Modeling_ A Practical Guide to Realizing Business Value-The MK OMG Press (2009)

Dicky Hida Syahchari