Publication and Application Program Interfaces

Antarmuka Program Aplikasi dan Publikasi

Pemodel bisnis bekerja dengan alat pemodelan untuk membuat model dan menganalisis model yang mereka buat. Tetapi setiap model yang dibangun oleh seorang pemodel akan dikonsumsi oleh orang lain, mungkin banyak lainnya: analis bisnis yang menganalisis model, manajer yang menggunakan model untuk membuat keputusan, dan peserta pelatihan yang membaca model untuk memahami bisnis. Konsumen model bisnis ini tidak memiliki alat pemodelan apa pun yang dimuat di desktop mereka, dan bahkan jika alat dipasang, mereka tidak tahu cara menggunakannya. Untuk membuat model dapat diakses oleh audiens yang lebih luas ini, banyak alat pemodelan bisnis memiliki fungsi publikasi. Sebuah model dapat diterbitkan ke berbagai format yang dapat diakses: ke HTML untuk dimasukkan ke situs web, ke PDF sehingga dapat dibaca di Adobe Acrobat™, ke file Microsoft Help™, atau ke Microsoft Word™ sehingga dapat menjadi bagian dari dokumen tertulis yang lebih besar. Beberapa alat juga mendukung publikasi ke XML, sehingga model dapat diubah ke format lain.

Terkadang model bisnis disematkan di dalam aplikasi perangkat lunak yang lebih besar. Misalnya, simulasi proses bisnis dapat diakses di situs web, memungkinkan pengguna untuk mencoba skenario yang berbeda dan melihat hasil simulasi. Beberapa alat pemodelan bisnis mendukung mash-up model bisnis dengan fungsionalitas lain dengan menyediakan antarmuka program aplikasi runtime, antarmuka pemrograman aplikasi (API) yang memungkinkan perangkat lunak lain untuk mengakses fungsionalitas model.

Reference :David M. Bridgeland, Ron Zahavi – Business Modeling_ A Practical Guide to Realizing Business Value-The MK OMG Press (2009)

Dicky Hida Syahchari