Lima komponen transformasi digital

  1. People

Setiap kali kita berbicara tentang data, terutama data penting, ada manusia yang terlibat. Dalam kebanyakan kasus, orang-orang bagian dari perubahan berkaitan dengan akses konsumen, klien, dan karyawan. Mereka secara historis menghasilkan catatan yang lemah atau tersebar. Misalkan perusahaan Anda menjadi terlalu besar atau canggih untuk mengenal klien atau staf Anda secara pribadi.

2. Data

Untuk menumbuhkan keahlian pelanggan dan staf Anda di seluruh bisnis besar dan dalam pengaturan yang semakin rumit dan tidak terduga, Anda memerlukan data – rekaman interaksi konsumen, karyawan, dan klien yang mudah tersedia. Ketika merekam atau memproduksi catatan digital individu, teknologi mungkin memiliki pengaruh paling besar (misalnya, apa yang mereka lakukan, siapa mereka, apa yang mereka sukai, dll.). Ini disebut “digitalisasi,” atau mendata aktivitas manusia menjadi sinyal standar (0s dan 1s). Keuntungan sebenarnya dari teknologi tidak “keras” (yaitu sistem atau infrastruktur yang lebih murah), tetapi “lunak” (yaitu, menangkap data berharga).

  1. Ide

Data telah disebut-sebut sebagai minyak baru, tetapi nilainya bergantung pada seberapa baik kita dapat membersihkan, menyaring, dan mengeksploitasinya. Setiap data tidak ada artinya tanpa model, sistem, kerangka kerja, atau ilmu data yang solid. Tetapi dengan keterampilan dan alat yang benar, data dapat menjadi pengetahuan. Di sini, teknologi menghasilkan analitik, ilmu yang membantu kita memahami data. Kemampuan kita untuk meramalkan akan tergantung pada seberapa baik kita memahami data kita dan seberapa baik kita memahami data kita. Ini bukan tentang menjadi benar, tetapi tentang menjadi salah dengan baik. Sementara semua model cacat, beberapa lebih membantu daripada yang lain.

  1. Act

Tapi hanya sampai di sana tidak cukup. Bahkan, bahkan penemuan yang paling menarik, menarik, dan mengejutkan akan tidak digunakan tanpa strategi konkret untuk menerapkannya. Bahkan dengan AI, data, dan analitik terbaik, AI dapat membuat prediksi dan data dapat memberikan wawasan, mengambil tindakan mengambil keterampilan, prosedur, dan manajemen perubahan tertentu. Itulah mengapa keterampilan penting dalam membuka (atau menghalangi) transformasi digital Anda.

  1. Outcome

Hasilnya merupakan bagian dari dataset baru yang lebih kaya yang akan ditingkatkan oleh proses. Pendekatan berulang ini membuat wawasan Anda lebih prediktif, relevan, dan berguna, yang pada gilirannya meningkatkan nilai data. Dalam prosesnya, Anda meningkatkan dan membangun keterampilan orang-orang yang diperlukan untuk menciptakan sinergi teknologi manusia yang kuat.

Reference:- Tomas Chamorro-Premuzic – The Essential Components of Digital Transformation – Harvard Business Review – November 23, 2021

Dicky Hida Syahchari