Pentingnya Agile Enterprise Di Saat Ini

BAB 1

PENDAHULUAN

 

VUCA merupakan suatu gagasan atau teori yang dikemukakan pada kepemimpinan Warren Bennis dan Burt Nannus. Kemudian VUCA semakin dikenal sejak para US Army War Collage menggunakan nya pada saat setelah perang dingin yang dimana pada saat itu ada nya perubahan perubahan, dimana suatu hal dapat berubah dengan cepat dan tidak pasti. VUCA sendiri memiliki arti, yaitu Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambuigity. Volatility merupakan, dimana dunia berubah dengan cepat, bergejolak, dan tidak stabil dimana setiap orang tidak bisa memprediksi apa yang akan terjadi pada tahun tahun selanjutnya. Uncertainty adalah masa depan yang penuh ketidakpastian, dimana sejarah dan pegalaman yang ada di masa lalu tidak dapat memprediksi masa depan dengan tepat. Complexity dimana dunia yang akan datang, dunia modern masalah dan akibat yang berlebih dari sebelumnya. Terakhir Ambuigity dimana dunia bisnis kedepan nya semakin tidak pasti dan membuat bingung di situasi yang baru.

 

The Cynefin Framework merupakan suatu kerangka kerja yang dibuat untuk membantu memahami system yang kompleks dengan menjelaskan perilaku, pengabilan keputusahan, hingga praktik seseorang dalam hal pengalaman, budaya, dapat dikatakan bahwa cynefin framework ini di  rancang  untuk  para  pembuat  keputusan  agar  keputusan  yang  didapatkan tidak  salah dan merugikan perusahaan maupun pekerja. Kerangka cynefin sendiri terdiri dari lima domains, yaitu. The Simple Domain dimana domain ini berdasarkan sebab dan akibat serta situasi bisa diprediksi. Pada dasarnya para pekerja dapat bisa mengidetifikasi masalah, mengkatagorikan dan merespon, juga dengan mudah mencari solusinya. The Complicated Domain, domain kedua dimana domain ini juga berkaitan dengan the simple domain yang membedakan para pekerja perlu menganalisis masalah yang ada untuk dapat mencari solusinya. The Complex Domain, pada domain ini mewakili probe-sense-respond, yang dimana domain ini sulit untuk menentukan solusi yang ada, hubungan sebab dan akibat juga tidak dapat ditentukan pada domain ini. The Caotic Domain, domain keempat ini dimana situasi yang tidak stabil dan membutuhkan Tindakan secepatnya. Para pemimpin disituasi ini harus menstabilkan suasana agar tidak terjadi kesalahan tetapi juga harus memiliki Tindakan yang cepat. The Order Domain, domain terakhir yaitu para pekerja tidak mengatahui di situasi mana mereka berada yang mereka lakukan adalah terus mencari informasi yang ada dan dapat mengambil keputusan dengan cepat.

 

Penggunaan VUCA dan The Cynefin Framework sebenar nya sama sama memiliki keterikatan didalam  dunia  pekerjaan  yang  dimana  VUCA  dan  The  Cynefin  Framework  sama  sama

 

menggabarkan situasi yang sebenernya di dalam dunia pekerjaan dan sama sama menunjuk kepada para pemimpin. Pada zaman saat ini dimana semua bidang harus bisa mengikuti perubahan perubahan yang ada, dimana perubahan saat ini bisa dikatakan sangat cepat berubah, denagn perubahan  yang  cepat  ini  menuntut  bagi  para  perusahaan  agar terus  mengikuti  zaman atau mengikuti arus perubahan yang terjadi. Jika perusahaan tidak mengikuti arus perubahan yang terjadi adalah kemunduran dan bisa mencapai kebangkrutan. VUCA dan The Cynefin Framework ini bisa dikatakan pembantu untuk perusahaan agar dapat bersaing dengan perubahan. Agile Entreprise pada saat ini sangat dibutuhkan, kelincahan bagi perusahaan untuk dapat beradabtasi di zaman yang cepat berubah ini penggunaan VUCA dan Cynefin Framework ini dapat bisa di aplikasikan di perusahaan yang lincah, yang dimana perusahaan yang lincah yaitu dapat bisa mengembangkan ide ide baru dan dapat bersaing sesuai pasar nya.

 

Kajian Pustaka

 

VUCA terdiri dari empat komponen yaitu Volatility, Uncertanty, Complexity, dan ambiguity. Dimana kompenen tersebut menggambarkan bagaimana lingkungan atau dunia kerja. VUCA sendiri bisa dikatakan agar bisa mendorong suatu perusahaan untuk dapat terus berkembang. Para pemimpin harus bisa membawa perusahaan lebih baik di semua tantangan bisnis. Dimana tantangan dalam sebuah pasar bisnis tidak dapat ditentukan dan tidak dapat di di prediksi, dengan hal ini lah para pemimpin di tuntut untuk dapat bisa menguasai perusahaan nya dan dapat dengan bijak dalam menghadapi tantangan yang ada.

 

Tantangan yang ada pada dunia bisnis merupakan hal yang tidak bisa dilewati oleh semua perusahaan bisnis. Dengan ini bagaimana menuntut para pemimimpin perusahaan agar dapat menentukan solusi dari masalah yang dihadapi oleh perusahaan tersebut, akan tetapi tantangan yang ada selalu berebeda beda situasi nya dengan hal ini para pemimpin bisa menerapkan Cynefin Framework dimana Cynefin Framework ini membantu bagaimana menentukan solusi dari masalah yang berbeda beda. Salah satu contoh penerapan Cynefin framework pada dunia bisnis adalah saat pandemic Covid 19 yang dimana kehidupan seseorang berubah, dan disinilah para perusahaan bisnis harus menemukan solusi nya dengan baik agar perusahaan tetap berjalan.

 

 

 

 

 

 

 

BAB 2

PEMBAHASAN

 

Terjadi  nya globalisasi  pada abad  ini  merupakan  hal  yang  tidak  bisa kita hentikan  dimana globalisasi ini merupakan suatu perubahan. Perubahan yang dikarenakan oleh globalisasi menyangkut perubahan   budaya, ekonomi, teknologi, hingga ilmu ilmu yang lain. Dalam menghadapi globalisasi ini kita harus bisa menemukan hal hal baru, dengan kita mencari hal hal yang baru maka kita bisa menghdapi perubahan globalisasi ini, tentunya ini menjadi sebuah tantangan bagi setiap lini baik perusahaan maupun ke pemerintahan. Perubahan yang sangat terlihat pada abad ini adalah bagaimana rancangan teknologi semakin canggih. Saat ini penggunaan teknologi ada dimana saja, bagaikan ikan di laut. Hal ini lah yang menjadi suatu

 

tantangan tiap lini terutama bagi para perusahaan, dimana mau tidak mau perusahaan harus mengikuti perubahan ini, jika tidak mengikuti alur perubahan ini maka suatu perusahaan akan hancur dimakan zaman.

 

Dengan pasar yang dapat berubah ubah dengan cepat ini mewajibkan para perusahaan harus memiliki mindset yang gesit atau cepat (agile), mengapa para perusahaan harus memiliki mindset ini karena ini menjadi kunci untuk dapat terus berkembang di zaman yang mudah berubah ini. Mindset yang gesit ini dapat membuat para pekerja dapat memberikan inovasi dan nilai yang lebih terhadap perusahaan. Dengan perusahaan menetapkan mindset ini tidak hanya pekerja, pelanggan pun akan datang, yang dimana saat ini konsumen memiliki peran penting didalam pasar yang cepat ini. Sebab ini lah mengapa perusahaan harus menjadi gesit di zaman seperti ini.

 

Perubahan zaman yang sangat cepat ini menuntut para perusahaan untuk bisa mengembangkan lebih bisnis nya, dengan mengembangkan lebih bisnis nya, perusahaan dapat mampu bersaing dalam pasar nya dan tidak tertinggal oleh para pesaing nya. Dengan terjadi nya pasar yang semakin cepat perusahaan harus bisa cepat beradabtasi, beradabtasi dengan cepat merupakan salah satu Langkah untuk bisa menerima pasar yang cepat, dengan pasar yang cepat berubah ini, para perusahaan juga dituntut untuk gesit demi bisa mengikuti pasar. Perusahaan yang gesit dapat mampu menghadapi tantangan ini, .Hal yang wajib untuk menjadi perusahaan yang gesit adalah mengambil keputusan yang cepat dan tepat, dengan pengambilan keputusan yang cepat perusahaan dapat memanfaatkan peluang bisnis yang baru. Seperti contoh nya yah terjadi pada yahoo tahun

2000 an yang dimana mereka tidak melakukan perubahan yang cepat sehingga kehilangan konsumen nya, hal ini membuat Google bergerak cepat untuk mendapatkan peluang bisnis yang besar dan menemukan konsumen baru nya.

 

Perusahaan yang menginginkan menjadi perusahaan gesit tentunya tidak melupakan bagian bagian penting, seperti quality, value dan optimizing for flow. Perusahaan yang gesit tentunya membutuhkan tingkat kreatif yang tinggi dimana munculnya ide kreatif di hasilkan dari SDM yang mencukupi dan ber kompetensi, SDM yang berkompetensi dapat memberikan pekerjaan yang baik kepada perusahaan, dengan ini dapat meningkatkan sebuah nilai jual dari perusahaan tersebut. Tetapi untuk bisa terus bertahan tentunya para SDM harus memliki misi yang sama dengan perusahaan nya dimana SDM juga harus gesit. Dengan SDM yang gesit tentunya misi perusahaan untuk menjadi perusahaan yang gesit dapat berjalan. Untuk menciptakan SDM yang gesit tentuya para pemimpin harus bisa menjadi contoh yang baik, selain itu perusahaan juga membuat pelatihan rutin untuk menjaga performa para SDM nya, dengan hal ini kualitas perusahaan terjaga dengan baik. Peusahaan yang memiliki kualitas baik tentunya didukung dari SDM yang berkualitas, SDM yang berkulitas ini bisa memunculkan ide ide yang kreatif dan inovatif. Dengan ada nya SDM yang berkualitas tentunya barang yang disediakan ke konsumen juga harus berkualitas, barang dengan kualitas yang terbaik bisa menjadi pilihan utama bagi para pelanggan. Tentunya dengan memberikan barang yang berkualitas ini membuat para perusahaan yang membuat tetap bisa berjalan di pasar yang cepat ini.

 

Hal lain yang membuat perusahaan dapat bersaing di pasar yang cepat ini adalah nilai dari perusahaan tersebut, dimasa sekarang ini banyak orang melihat bagaimana kesuksesan dari suatu perusahaan yaitu dengan melihat nilai dari perusahaan tersebut. Perusahaan dapat meningkatkan sebuah nilai dengan terus berinovasi dengan mengembangkan inovasi inovasi baru. Menciptakan

 

perusahaan agile dan mampu terus ber inovasi. Agar nilai dari sauatu perusahaan terus meningkat dan tidak menurun perusahaan harus bisa melakukan dua Langkah yang menarik yaitu eksekusi bagaimana perusahaan dapat membangun produk produk yang menarik dan tentunya juga menajamin harga pasar nya untuk terus terjangkau. Selain itu ada Eksplorasi dimana perusahaan terus mencari inovasi inovasi yang menarik bagi konsumen agar dapat meningkatkan nilai dari perusahaan tersebut. Seperti contoh pada saat ini penggunaan digital sedang tinggi dimana semua dilakukan dengan jarak jauh salah satu nya adalah membeli pakaian atau barang lain nya dari rumah seperti online brand communities (OBC) dimana menciptakan serta menawarkan hal yang barang lewat media sosial dengan hal ini mereka dapat menjalin hubungan yang intim dengan konsumen dengan ter koneksi satu dengan lain nya di media sosial, dengan hal ini mampu meningkatkan minat pasar.

 

Dengan perusahaan mengadaptasikan dua Langkah tersebut ke dalam bisnis nya, perusahaan tersebut mampu terus berkembang di pasar yang cepat berubah ini. Dengan perusahaan menjaga para pelanggan nya di pasar yang cepat ini sangat lah penting, jika para perusahaan tidak menjaga para pelanggan nya perusahaan ini akan kehilangan pasar nya, dengan ini lah mengapa menjaga pelanggan sangat penting, terutama bagi para perusahaan perusahaan yang baru bergerak dan memeasuki pasar. Cara paling mudah untuk menjaga para pelanggan adalah terus memberikan inovasi inovasi yang ada, tetapi selain terus ber inovasi para perusahaan harus juga tetap mendengarkan saran dari pelanggan nya dan juga terus melihat pasar, dengan pasar yang cepat yang sering berubah berubah disetiap bulan atau tahun nya ini menjadi para perusahaan untuk terus melihat keadaan pasar. Dengan mendengarkan saran dari pelanggan perusahaan dapat berkembang dengan cepat. Dengan seperti ini perusahaan dapat terus berkembang dan bisa mengikuti kemauan pasar yang mudah berubah ubah dengan cepat.

 

 

 

 

 

 

BAB 3

KESIMPULAN DAN SARAN

 

Dari hasil penulisan ini ada pun kesimpulan yang dapat diberikan. Dengan ada nya VUCA dan Cynefin Framework ini menjadi salah satu bantuan bagi para pemimpin perusahaan untuk bisa terus bergerak bisnis nya di dalam pasar yang cepat ini. VUCA sendiri memiliki kepanjangan yaitu Volatility, dimana menggabarkan dunia yang berubah dengan cepat. Uncertainty, dimana menggabarkan masa depan yang tidak pasti. Complexity dimana dunia modern memiliki kesulitan yang berlebih. Ambiguity, dimana lingkungan bisnis yang membingungkan. Dengan ada nya VUCA ini para pemimpin di harapkan bisa mengatasi permasalahan yang ada.

 

The Cynefin Framework merupakan alat untuk menyelesaikan masalah yang ada pada dunia bisnis yang dimana perusahaan tidak mengetahui sedang di situasi mana. Penggunaan Cynefin Framework ini dapat digunakan di dalam situasi yang berbeda beda dan dapat di temukan jalan keluar nya dengan Cynefin Framework. Cynefin Framework sendiri menempatkan penyelesaian masalah pada lima situasi yaitu simple, chaotic, complicated, dan complex yang dimana para perusahaan  dapat  mencocokan  masalah mereka  pada  situasi  yang  ada.  VUCA dan  Cynefin

 

Framework ini dapat menjadi acuan bagi para pemimpin perusahaan untuk dapat menjadi jalan keluar dari maslah yang dihadapi.

 

Pada pasar yang cepat berubah ini menjadikan para perusahaan harus juga bergerak cepat atau menjadikan perusahaan yang gesit (agile), untuk bisa menciptakan perusahaan yang gesit ini memerlukan SDM yang juga gesit. Langkah paling awal untuk bisa menjadi perusahaan yang gesit adalah mencari SDM yang berkompeten dimana perusahaan dapat melakukan re generasi atau membuat pelatihan agar para SDM menjadi mempunyai mindset yang gesit (agile). Jika para SDM sudah memiliki jiwa yang gesit maka dengan berjalan nya waktu perusahaan juga akan menjadi perusahaan yang gesit. Adapun hal yang penting dalam perusahaan yang gesit adalah kualitas dimana kulitas harus tetap di jaga dengan menjaga kualitas dari produk yang dikeluarkan. Tidak hanya kualitas dari produk yang dikeluarkan tetapi juga kualitas para pekerja nya juga harus dijaga yang dimana kualitas para pekerja menggabarkan perusahaan yang baik.

 

Dengan menjaga kualitas produk dan jasa nya maka akan terlihat nilai suatu perusahaan tersebut. Dimana nilai dari suatu perusahaan sangat di lihat oleh banyak orang, perusahaan yang gesit harus bisa menjaga nilai dari perusahaan nya. Perusahaan dapat meningkatkan nilai nya dari suatu inovasi inovasi yang terus dikembangkan dua hal yang bisa memberikan inovasi lebih pada perusahaan adalah dengan eksekusi dimana perusahaan terus mampu berkembang dan menjaga harga pasar nya. Selain itu ada  eksplorasi dimana perusahaan terus mencari inovasi inovasi yang baru untuk terus mendatangkan konsumen. Perusahaan yang gesit juga harus terus mengikuti pasar untuk bisa terus bersaing. Selain terus bisa mengikuti pasar para perusahaan juga harus bisa mendengarkan masukan dari pelanggan nya dimana hal ini bisa menjadi Langkah untuk bisa menjaga kecepatan produksi saat pasar berubah.

 

Saran yang dapat diberikan adalah bagaimana pemimpin harus bisa terus memotivasi para pekerja, dengan para pemimpin memotivasi akan tumbuh rasa percaya diri dari para pekerja nya. Selain memotivasi para pemimpin juga harus bisa menggunakan The Cynefin Framework untuk bisa mengambil keputusan dengan bijak dengan penggunaaan Cynefin Framework para pemimpin dapat membawa perusahaan menjadi gesit (agile). Juga para perusahaan untuk terus menjaga kulitas dan nilai pasar dengan bisa mendengarkan saran dari para pelanggan nya dengan hal ini perusahaan akan terus berkembang dan menjadi maju.

 

DAFTAR PUSTAKA

 

 

 

 

Lawrence, K. (2013). Developing Leaders in a VUCA Environment. UNC Executive Development,

15.

Roumiana Ilieva, K. A. (2018). A Cynefin Framework for Agile Decision Making of AI BOTS.

International Confrence on high technology for sustainable development (p. 5). Sofia: IEEE.

Juhary Ali, C. T. (2004). KNOWLEDGE MANAGEMENT IN AGILE ORGANIZATIONS. Sunway College

Journal, 13-20.

Tony Cooper, C. S. (2018). The levers of engagement: an exploration of governance in an online brand community. Journal of Brand Management.

John McMackin, M. H. (2020). Agile for HR: Fine in practice, but will it work in theory? Human

Resource Management Review.

Denning, S. (2016). How to make the whole organization “Agile”. Strategy & Leadership, 10 – 17. Jonathan L. York, J. E. (2014). CUSTOMER DEVELOPMENT, INNOVATION, AND DECISION-

MAKING BIASES IN THE LEAN STARTUP. Journal of Small Business Strategy , 21-40.

Hilal Alif Firdani 2301879652/MG Herlina