Sudut Pandang Project Management

Meskipun organizational project management telah ditujukan sebagai penyambung logika dari project management ke perusahaan, definisi dari hal ini juga masih belum jelas, yang mana membuat tembok untuk diadopsi oleh praktisi dan ilmuwan. Organisasi mumgkin telah menganggap project management sebagai vokasi, daripada dianggap sebagai profesi, dan inisiatif yang berdasar pada project management mungkin tidak menerima banyak dukungan yang dibutuhkan. Dengan fokus yang eksplisit, dalam menyatukan project management kepada perusahaan,pada proyek,program, dan level portofolio, organizational project management menawarkan beberapa janji untuk menghasilkan beberapa batasan.

Organisasi di dalam project management merupakan manajemen sistematis dari proyek, program dan portofolio dalam pemersatuannya dengan pencapaian strategis dari suatu organisasi tersebut. Meng-organisasikan proyek dapat diliha sebagai respon kepada dinamisme di dalam lingkunhan eksternal, membuat

tantangan baru untuk perusahaan. Kenyataannya, hierarki dari organisasi telah didsesain untuk menjadi suatu hal yang berjangka panjang, dan melalui proses yang repetitif. Di dalam argumen yang masih berkenaan dengan konteks organisasi di dalam projek manajemen, hal tersebut memfasilitasi perkembangan dari pembelajaran organisasi tersebut.

Di dalam perspektif tambahan, organizational projet management juga dilihat sebagai kumpulan dari koleksi praktis yang menggunakan model kedewasaan. Organisasi meng-akses praktik terbarunya dan mengidentifikasi posisi relatifnya berdasarkan skala. Organisasi di dalam konteks project management juga membutuhkan untuk membuat struktur yang cocok untuk mendukung penyampaian internal dan pembelajaran organisasi yang berasal dari proyek yang ada.

Reference:

Williams, N. L. (2011). Defining organizational project management. Paper presented at PMI® Global Congress 2011—North America, Dallas, TX. Newtown Square, PA: Project Management Institute.

Dr. Maria Grace Herlina S.Sos.,MM. & Afreilya Yulnizar