Manfaat Management Project

Manajemen proyek merupakan suatu usaha merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan, mengkoordinasi, dan mengawasi kegiatan dalam proyek sedemikian rupa sehingga sesuai dengan jadwal waktu dan anggaran yang telah ditetapkan. Suatu pekerjaan rutin biasanya berlangsung secara kontinu, berulang-ulang dan berorientasi ke proses. Sebagai suatu proses yang terus menerus, pekerjaan yang rutin tidak dianggap suatu proyek.

Pengelola dalam sebuah proyek disebut sebagai Proyek Manager (PM), Proyek Manager bertanggung jawab untuk mengatur dan mengawasi semua kegiatan pelaksanaan proyek, agar sesuai dengan standart kualitas, biaya dan waktu. Dan tentunya selalu bertanggung jawab untuk selalu berkomunikasi dengan tim, atasan (owner), dan pelanggan (user).

Manfaat manajemen proyek:

  •  Mengidentifikasi fungsi tanggung jawab
  •  Meminimalkan tuntutan pelaporan rutin
  •  Mengidentifikasi batas waktu untuk penjadwalan
  •  Mengidentifikasi metode analisa peramalan
  •  Mengukur prestasi terhadap rencana
  •  Mengidentifikasi masalah dini & tindakan perbaikan
  •  Meningkatkan kemampuan estimasi untuk rencana
  • Mengetahui jika sasaran tidak dapat dicapai/terlampaui 

    Konsep Manajemen Proyek :

    Manajemen proyek sistem informasi ditekankan pada tiga faktor, yaitu : manusia, masalah dan proses. Dalam pekerjaan sistem informasi faktor manusia sangat berperan penting dalam suksesnya manajemen proyek. Pentingnya faktor manusia dinyatakan dalam model kematangan kemampuan manajement manusia (a people management capability maturity model/ PM-CMM) yang berfungsi untuk meningkatkan kesiapan organisasi perangkat lunak (sistem informasi) dalam menyelesaikan masalah dengan melakukan kegiatan menerima, memilih, kinerja manajemen, pelatihan, kompensasi, pengembangan karier, organisasi dan rancangan kerja serta pengembangan tim.

    Reference :

    http://repository.uki.ac.id/2339/2/CHANGEMANAGEMENT.pdf

Dr. Maria Grace Herlina S.Sos.,MM. & ida bagus made ananda bimantara