Lima Kelompok Project Management

Project Management adalah penerapan pengetahuan, keterampilan, alat, dan teknik untuk kegiatan proyek untuk memenuhi persyaratan proyek. Sebelum memulai proyek, konteks dari sebuah organisasi harus diperiksa. Misalnya aturan dan dan prosedur harus ditetapkan dengan tepat untuk dapat menyelesaikan tujuan dengan berhasil. Strategi organisasi manajemen strategis merupakan ilmu merumuskan, mengimplementasikan dan mengevaluasi keputusan untuk mencapai tujuannya. Pengembangan strategis perusahaan adalah kekuatan pendorong untuk mengembangkan sebuah proyek. Contohnya sebuah perusahaan yang ingin memiliki proyek untuk mengembangkan kembali produk atau suatu proses. Untuk merekayasa kembali suatu produk atau proses harus mengubah strategi dari produk tersebut.

Project Management terbagi menjadi lima kelompok yang terdiri dari Initiating (memulai), Planning (perencanaan), Executing (Pelaksana), Monitoring and Controlling (Pemantauan dan pengendalian), dan Closing (Penutupan). Semua manajemen proyek membawa fokus untuk sebuah tujuan, sumber daya, dan jadwal dari setiap proyek. Nilai tersebut dibuktikan dengan pesatnya pertumbuhan management proyek di seluruh dunia yaitu sebagai kompetensi organisasi yang strategis, sebagai bahan pelatihan dan pendidikan, dan sebagai jalur karir. Namun manajemen proyek memiliki hasil akhir yang dibatasi oleh skala waktu dan anggaran yang terbatas. Sehingga faktor kunci yang membedakan manajemen proyek dengan manajemen adalah memiliki hasil akhir dan rentang waktu yang terbatas, sedangkan manajemen merupakan proses berkelanjutan. Karena itu, seorang profesional proyek membutuhkan berbagai keterampilan, seperti keterampilan teknis, manajemen, dan memiliki kesadaran bisnis yang baik.

References:

Arianie, G. P., & Puspitasari, N. B. (2017). Perencanaan Manajemen Proyek Dalam Meningkatkan Efisiensi Dan Efektifitas Sumber Daya Perusahaan. Jurnal Teknik Industri.

Sasongko, T. R., & Syairuddin, B. (2018). PENGARUH PERAN PROJECT MANAGEMENT OFFICE (PMO) TERHADAP KINERJA PROYEK INFRASTRUKTUR KETENAGALISTIRKAN. Jurnal Bisnis dan Manajemen.

 

Dr. Maria Grace Herlina S.Sos.,MM. & Shavira Aulia Fadila