Keuntungan dalam Project Management

Manajemen proyek adalah merencanakan, mengorganisasikan, memimpin, dan mengendalikan sumber daya perusahaan untuk mencapai sasaran jangka pendek yang telah ditentukan dengan menggunakan pendekatan sistem dan hierarki baik vertikal maupun horizontal. Salah satu bagian dari manajemen proyek yang memegang peran penting yaitu organisasi proyek. Dimana sebuah proyek akan berhasil jika di dalamnya terdapat pengorganisasian yang baik.

Beberapa keuntungan dengan adanya organisasi dalam suatu proyek, yaitu :

  1. Pekerjaan dapat dilaksanakan secara matang.
  2. Pekerjaan yang tumpang tindih dapat dihindari dengan dilaksanakannya pembagian tugas serta tanggung jawab sesuai keahlian.
  3. Meningkatkan pendayagunaan dana ,fasilitas ,serta kemampuan yang tersedia secara maksimal.

Project Management Office/PMO adalah struktur organisasi yang menstandardisasi proses tata kelola terkait proyek dan memfasilitasi pembagian sumber daya, metodologi, alat, serta teknik yang bertanggung jawab untuk menyediakan berbagai fungsi pendukung manajemen proyek ke manajemen langsung dari satu/lebih proyek.

Dimana fungsi utama dari PMO yaitu untuk mendukung manajer proyek dalam berbagai cara, yang mungkin termasuk tetapi tidak terbatas pada beberapa hal, yaitu:

  1. Mengelola sumber daya bersama di semua proyek yang dikelola oleh PMO.
  2. Mengidentifikasi dan mengembangkan metodologi manajemen proyek, praktik terbaik, dan standar.
  3. Pelatihan, pendampingan, pelatihan, dan pengawasan.
  4. Memantau kepatuhan dengan standar manajemen proyek, kebijakan, prosedur, dan template dengan menggunakan audit proyek.
  5. Mengembangkan dan mengelola kebijakan proyek, prosedur, template, dan dokumentasi bersama lainnya (aset proses organisasi).
  6. Koordinasi komunikasi antar proyek.

Reference :

http://repository.ut.ac.id/3983/1/ADPU4338-M1.pdf

Dr. Maria Grace Herlina S.Sos.,MM. & Tasya Giovanni