4 Proses Efektif Dalam Analisis Stakeholder

Untuk kesuksesan proyek manajemen, pengaturan perusahaan sangat penting untuk dipertimbangkan berdasarkan culture, structure, dan strategy. Setiap bagian tersebut memainkan peran yang penting dan bersama-sama membentuk lingkungan untuk suatu proyek.

Manajemen Strategis

Manajemen strategis adalah sebuah seni dan ilmu dalam merumuskan, mengimplementasikan dan untuk mengevaluasi keputusan lintas fungsi yang membantu organisasi dalam mencapai tujuannya. Beberapa kegiatan yang diperlukan dalam proses manajemen strategis :

  • Menentukan dan mengembangkan misi, visi dan tujuan organisasi
  • Merumuskan, melaksanakan dan mengevaluasi kebijakan dan rencana yang telah dirancang bersama
  • Mengalokasikan sumber daya untuk mengimplementasikan kebijakan dan rencana

Manajemen Stakeholder

Manajemen stakeholder adalah proses mempertahankan hubungan yang baik dengan orang-orang yang berdampak dalam suatu proyek. Stakeholder ini memiliki kepentingan aktif dalam proyek dan dapat memberikan dampak baik maupun buruk untuk perkembangan proyek. Manajemen stakeholder penting karena stakeholder dapat menjadi pendukung yang kuat untuk proyek perusahaan. Maka dari itu kita perlu mengidentifikasi siapa pemangku kepentingan dan memenangkan mereka. Caranya adalah dengan melakukan analisis stakeholder yaitu cara yang berguna untuk menunjukan konflik yang kemungkinan tidak akan selesai yang terjadi melalui pembuatan dan pengenalan proyek baru. Ada 4 proses efektif dalam analisis stakeholder :

  • Mengidentifikasi siapa pemangku kepentingan anda
  • Prioritaskan pemangku kepentingan anda
  • Pahami pemangku kepentingan utama anda
  • Mengelola pemangku kepentingan anda

References:

https://courses.lumenlearning.com/boundless-management/chapter/strategic-management/

https://www.mindtools.com/pages/article/newPPM_07.htm

Dr. Maria Grace Herlina S.Sos.,MM. & Davis Sebastian