Keuntungan menerapkan HR Analytics pada Organisasi

HR Analytics adalah suatu proses dalam penggunaan data maupun teknik pengolahan dan analisis data untuk memahami, meningkatkan, dan memaksimalkan setiap orang yang terlibat dalam suatu organisasi atau perusahaan. Dengan suatu organisasi atau perusahaan menerapkan HR analytics maka suatu organisasi tersebut akan mendapatkan beberapa keuntungan, diantaranya:

  1. Meningkatkan produktivitas bisnis dan efektivitas dalam proses recruitment.
  2. Mengidentifikasi faktor-faktor pendorong perfoma yang baik atau motivasi.
  3. Meningkatkan kualitas peranan talent acquisition.
  4. Membuat keputusan yang lebih baik dengan menggunakan data.

Pada HR analytics juga terdapat 3 level di dalamnya, yaitu:

  • Level 1: Analisis Deskriptif.

Didalam analisi deskriptif ini bertujuan untuk memberikan dashboard atau gambaran terkait informasi-informasi dasar tentang kondisi SDM perusahaan.

  • Level 2: HR Metric.

Pada level 2 ini yaitu HR metric membantu suatu HR department untuk menentukan yang mana tingkat efesiensi dari fungsi-funsi pengelolaan SDM pada suatu organisasi atau perusahaan.

  • Level 3: Predictive Analysis.

Pada predictive analysis ketersediaan data historis dapat dimanfaatkan untuk menemukan pola dan memprediksi perilaku di masa yang akan datang.

Di dalam analytics dapat memungkinkan HR (Human Resource) untuk membuat keputusan berdasarkan data yang ada. Selain itu, analytics juga dapat membantu dalam menguji keefektian suatu kebijakan SDM dan intervensi yang berbeda.

References:

https://manajemen-sdm.com/hr-analytics/hr-analytic-pendekatan-kuantitatif-manajemen-sdm/

https://samahitawirotama.com/pentingnya-menerapkan-people-analytics-dalam-sdm/#:~:text=People%20analytics%2C%20yang%20juga%20dikenal,orang%20yang%20terlibat%20dalam%20organisasi.

https://www.datapine.com/articles/workforce-people-hr-analytics

 

 

Dr. Maria Grace Herlina S.Sos.,MM. & Shahira Maizarani