Fungsi dari HR Analytics

Human Resources Analytics atau HR Analytics adalah proses untuk mengumpulkan dan menganalisis data tentang HRD dan SDM untuk memahami, meningkatkan, serta memaksimalkan seluruh karyawan.  HR Analytics sendiri didukung dengan data yang sudah valid dan dapat digunakan sebagai perencanaan serta perbaikan yang lebih efektif di masa depan.

HR Analytics sendiri memiliki 3 level yaitu :

  1. Analisis Deskriptif

Maksudnya adalah untuk memberikan gambaran tentang seluruh informasi dasar tentang kondisi SDM perusahaan.

  1. HR Metric

Fungsinya adalah untuk membantu HR Department dalam menentukan tingkat efisiensi dari seluruh fungsi pengelolaan SDM yang ada di dalam perusahaan

  1. Predictive Analysis

Ini adalah ketersediaan data historis yang bisa digunakan untuk menemukan pola serta memprediksi perilaku di masa yang akan datang.

Adapun fungsi dari HR Analytics :

  1. Dapat mengaktifkan pengumpulan data kandidat yang cepat dan otomatis dari beberapa sumber.
  2. Bisa mendapatkan wawasan yang lebih tentang kandidat dengan mempertimbangkan variable ekstensif, contohnya seperti peluang perkembangan dan kecocokan budaya.
  3. Dapat mengidentifikasi kandidat dengan atribut yang sebanding dengan karyawan berkinerja terbaik di dalam perusahaan / organisasi.
  4. Dapat memberikan data historis yang berkaitan dengan periode perekrutan serta memungkinkan organisasi untuk mengembangkan rencana perekrutan jangka panjang yang lebih baik.

Reference:

https://manajemen-sdm.com/hr-analytics/hr-analytic-pendekatan-kuantitatif-manajemen-sdm/

https://www.valamis.com/hub/hr-analytics

 

Dr. Maria Grace Herlina S.Sos.,MM. & Tivvany Mareli Dora.A.S