Enterprise Architecture Planning 2.0

Pendekatan baru untuk strategi digital menghidupkan kembali IT lama dengan menyelaraskan kapabilitas perusahaan.Teknologi dan persaingan saat ini berjalan dengan sangat cepat, namun ada beberapa sebagian perusahaan yang menerapkan sistem penerapan digital baru untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Digitalisasi adalah tantangan yang begitu kompleks dan menakutkan, dan mengharuskan perusahaan mengadopsi operasional yang lama menjadi cara yang baru.

Mereka harus melakukan semuanya dengan latar belakang internet of things yang akan segera hadir dimana-mana dengan respons waktu nyata yang tertanam dalam teknologi di seluruh perusahaan. Menjalankan sistem baru tentunya membutuhkan adaptasi yang baru juga, tidak hanya dipihak karyawan, para pelanggan vendor,pemasok dan distributor semuanya harus mengubah cara mereka.

Meskipun perusahaan mencari solusi yang jauh dan luas, tempat terbaik untuk mencari seringkali diabaikan, itu adalah disiplin perencanaan arsitektur perusahaan, kami menyebutnya perencanaan arsitektur kapabilitas pendekatan, ini melibatkan mendesign kembali IT dan organisasi bersama-sama untuk melayani kekuatan paling khas perusahaan. Tidak seperti kebanyakan proyek arsitektur perusahaan, teknologi ini mengatur digital untuk mengembangkan kemampuan perusahaan kombinasi dari proses,alat,pengetahuan,keterampilan dna organisasi yang memberikan keunggulan kompetitif.  Setelah kemajuan beberapa tahun terakhir, IT akhirnya siap membantu di antara strategi dan eksekusi.

Reference :
https://www.forbes.com/sites/strategyand/2016/02/11/enterprise-architecture-planning-2.0/

Dr. Maria Grace Herlina S.Sos.,MM. & Mustikayani