7 langkah utama dalam Business Architecture

Perkembangan zaman yang semakin modern seperti saat ini, membuat persaingan di dunia bisnis semakin ketat sehingga perusahaan dituntut untuk lebih unggul dari perusahaan lainnya. Dimana tiap perusahaan harus memiliki strategi bisnis yang dapat bersaing untuk mencapai tujuannya. Oleh karena itu, perlu adanya strategi bisnis yang kuat dalam merealisasikan tujuan dari perusahaan. Business Architecture merupakan sekumpulan konsep, struktur dan sistem bisnis yang berbasis model dalam membangun dan mengelola suatu organisasi atau perusahaan untuk mencapai tujuan tertentu.

Tujuan dari penerapan Business Architecture adalah membangun keselarasan antara bisnis dan teknologi bagi kebutuhan organisasi atau perusahaan. Business Architecture menjelaskan bagaimana sebuah perusahaan dapat terstruktur dengan baik dan jelas serta menunjukkan elemen-elemen seperti kapabilitas, proses, organisasi dan informasi berjalan sesuai dengan tujuan perusahaan.

Untuk mencapai tujuan tepat sasaran, Business Architecture harus dibangun dengan kuat dan sepenuhnya terintegrasi dengan sistem lainnya termasuk perencanaan strategis, perencanaan modal dan investasi. Kecenderungan motivasi dari suatu perusahaan atau organisasi dalam menerapkan Business Architecture adalah untuk memudahkan segala sesuatu yang kompleks yang terdapat pada perusahaan dengan pembuatan road map.

Sehingga hal ini dapat memberikan kemudahan bagi level manajemen dalam mengambil keputusan dan membuat skala prioritas pekerjaan yang harus dilakukan. Menurut Mark McGregor, terdapat tujuh langkah utama dalam Business Architecture yaitu :

  • Create and Culture
  • Capture and Collate
  • Connect and Communicate
  • Collaborate and Consume
  • Customers and Coordination
  • Control and Comply
  • Change and Complete

Dimana semua langkah tersebut dapat menjadi fokus organisasi atau perusahaan untuk berkembang dan diiringi dengan rasa tanggung jawab yang besar terhadap bisnis perusahaan.

References :

https://www.ciopages.com/business-architect/amp/

https://www.stagrp.com/architecture/business-architecture/what-is-business-architecture/

https://www.dictio.id/t/apa-yang-dimaksud-dengan-business-architecture/2268

 

Dr. Maria Grace Herlina S.Sos.,MM. & Revina Tiara Alivia