Business Development Company

  1. Summary

Business Development/Pengembangan Bisnis

Pengembangan Bisnis adalah suatu bentuk dalam  penciptaan nilai untuk jangka waktu yang  panjang bagi suatu  organisasi untuk para pelanggan, pasar, dan hubungan. Nilai jangka panjang yang dimaksud disini adalah pendapatan dan pencitraan perusahaan, juga termasuk kesetiaan pelanggan, prestise, atau apapun yang menjadi tujuan dari sebuah perusahaan. Atau bisa disederhanakan semua ide, inisiatif, kegiatan untuk meningkatkan suatu nilai didalam bisnis tersebut secara keseluruhan. Skenario Business Development ini khusus untuk rencana ekspansi bisnis, yang dampaknya dapat dirasakan oleh hampir setiap unit bisnis.  Mungkin ada tujuan Business Development yang serupa, seperti pengembangan lini bisnis baru, pengembangan saluran penjualan baru, pengembangan produk baru, kemitraan baru dalam pemasaran yang ada / baru, dan bahkan keputusan merger / akuisisi. Kegiatan dalam pengembangan suatu bisnis mencakup berbagai departemen seperti penjualan, pemasaran, manajemen proyek, manajemen produk, manajemen vendor, kemitraan, dan upaya penghematan biaya. Metrik yang banyak biasanya digunakan dalam pengembangan bisnis yaitu pendapatan, ekspansi, dan kemitraan strategis. Berikut contoh keterkaitan antar divisi :

  • Penjualan akan fokus pada pasar tertentu atau klien tertentu, seringkali untuk jumlah pendapatan yang ditargetkan. Dengan sasaran yang ditetapkan seperti itu, departemen penjualan menargetkan basis pelanggan di pasar baru dengan strategi penjualan mereka.
  1. Tugas Abstrak

Hanya beberapa tahun yang lalu, bank-bank memulai sebagian besar pinjaman komersial untuk pasar menengah. Sekarang, lembaga non-bank, seperti perusahaan pengembangan bisnis (Business Development Company), mengambil bagian lebih besar dari pinjaman. Sekarang, lembaga-lembaga non-bank, seperti perusahaan pengembangan bisnis (Business Development Company), muncul pada saat ada yang memberikan hadiah untuk pembelian. Jika tidak, Business Development Company sedang bertransisi ke dalam peran ini dengan baik sehingga mereka dibayangkan oleh beberapa orang sebagai pemodal potensial masa depan untuk pasar menengah. Seperti setiap pasar yang muncul, Business Development Company  menghadapi risiko, tantangan, dan peluang pertumbuhan. Sebagai contoh, setelah tiga tahun pertumbuhan aset yang kuat, Business Development Company menghadapi tekanan pasar jangka pendek. Tiga indeks tolok ukur untuk Business Development Company sekarang ada, menunjukkan tingkat minat di pasar Business Development Company.  Business Development Company telah bekerja dengan baik dalam jangka panjang, meskipun mereka menghadapi tantangan jangka pendek. Manfaat Business Development Company dapat memberikan sejumlah manfaat bagi sponsor mereka.  Manfaat-manfaat ini dapat mencakup akses ke modal permanen dalam hal Business Development Company terdaftar, kemampuan untuk membebankan biaya kinerja untuk produk ritel, pilihan manajemen internal atau eksternal, akses ke investor institusi dan ritel, dan masukan ke dalam manajemen perusahaan portofolio.

Reference: https://www2.deloitte.com/us/en/pages/financial-services/articles/business-development-companies.html#

Dr. Maria Grace Herlina S.Sos.,MM. & Afifah Tiana Natatilova