Typical benefits of online services

Typical benefits of online services

 

Manfaat khas layanan online dirangkum oleh ‘Six Cs’, mnemonik sederhana untuk menunjukkan berbagai jenis nilai pelanggan:

1 Content – Pada pertengahan 1990-an sering dikatakan bahwa ‘konten adalah raja’. Ini berarti informasi yang lebih detail dan mendalam untuk mendukung proses pembelian untuk situs transaksional atau membangun hubungan atau pengalaman bermerek untuk mendorong penggunaan produk untuk merek FMCG.

2 Customisation  – Dalam hal ini kustomisasi massal konten, baik yang diterima sebagai halaman situs web seperti ‘Amazon merekomendasikan’ atau peringatan email, dan umumnya dikenal sebagai ‘personalisasi’.

3 Community – Internet membebaskan konsumen untuk mendiskusikan apa pun yang mereka inginkan melalui forum, ruang obrolan dan komentar blog.

4 Convenience  – Ini adalah kemampuan untuk memilih, membeli dan dalam beberapa kasus menggunakan produk dari desktop Anda kapan saja: ketersediaan layanan klasik 24 × 7 × 365. Penggunaan produk secara online, tentu saja, terbatas pada produk digital seperti musik atau layanan data lainnya.

5 Choice  – Web memberikan pilihan produk dan pemasok yang lebih luas daripada melalui konvensional saluran distribusi. Keberhasilan perantara online seperti Kelkoo (www.kelkoo.com) dan Reevoo (www.reevoo.com) adalah buktinya. Demikian pula, Tesco.com memberi Tesco platform untuk memberikan konsumen pilihan produk yang lebih luas (keuangan, perjalanan, barang putih) dengan informasi yang lebih terperinci daripada yang tersedia secara fisik di dalam toko.

6 Cost reduction – Internet secara luas dianggap sebagai tempat pembelian yang relatif murah. Seringkali pelanggan berharap untuk mendapatkan penawaran online yang bagus karena mereka menyadari bahwa trader online memilikinya


Dikutip dari

Chaffey, Dave – Digital Business and E-commerce Management Strategy, Implementation And Practice-Pearson Education Limited (2015)

Dicky Hida Syahchari,ST,MM,PhD