Mempersiapkan Dana Pensiun Dengan Konsep Anuitas

Oleh: Mulyono

*) SCS Business Mathematics and Statistics, Management Dept., Binus Business School Undergraduate Program

 

Pada saat makan siang seorang teman bilang, “wah tidak terasa sebentar lagi masa pensiun tiba”, saya pun bertanya kepada teman tersebut “berapa tahun lagi pak pensiunnya?”, teman tadi bilang tidak sampai dua tahun lagi masa pensiunnya tiba. Memang pertanyaan seputar pensiun sangat menarik untuk dibahas, coba tanya kepada diri kita sendiri, apakah kita sudah siap apabila masa pensiun tiba?, apakah kita telah mempersiapkan dana pensiun selain sejumlah dana yang akan kita terima dari tempat bekerja?, berapa banyak teman kantor kita yang baru ngeh kalo masa pensiun mereka hanya tinggal beberapa tahun lagi?.

Tidak dapat dipungkiri banyak karyawan yang belum mempersiapkan dana pensiunnya dengan baik. Sebagian besar masih mengandalkan uang pensiun dari kantor, atau sejumlah dana yang diberikan oleh perusahaan tempat bekerja sebagai sumber dana pensiunnya kelak. Harus diakui perkembangan dana tersebut tidak menjamin cukup untuk masa pensiun nanti, mengapa? karena yang tahu besaran kebutuhan dana pensiun kelak adalah kita sendiri bukan perusahaan tempat bekerja.

Pada tahap persiapan perlu diketahui berapa dana yang dibutuhkan pada saat pensiun nanti, misalnya pada saat pensiun anda menginginkan sejumlah dana tertentu pada saat pensiun nanti yaitu Rp 1 milar. Apabila masa pensiun masih sekitar 20 tahun lagi, dan dana tersebut disimpan pada produk perbankkan dengan bunga 6% pertahun, maka dengan menggunakan perhitungan anuitas, dana yang harus dipersiapkan perbulan adalah sebagai berikut:

Anuitas adalah jumlah uang per bulan yang harus di simpan

Future Value atau FV adalah nilai uang yang diinginkan dimasa depan yaitu Rp 1 miliar

Suku bunga atau i adalah suku bunga simpanan per bulan, apabila 6% pertahun maka suku bunga perbulan adalah 0,5% atau 0,005.

Untuk n adalah waktu dalam hitungan bulan.

Sesuai perhitungan dengan menggunakan anuitas perbulan, maka dana yang perlu dipersiapkan perbulan adalah Rp2.164.500 (dibulatkan). Tentu saja perhitungan tersebut masih sangat sederhana, karena dalam kenyataannya banyak variabel lain yang perlu dipertimbangkan seperti kebutuhan dana setiap orang bisa berbeda, faktor inflasi dan sebagainya.

Dana pensiun yang cukup dapat terwujud apabila kita mempersiapkan masa pensiun dengan perencanaan yang baik. Oleh karena itu persiapkanlah dana pensiun anda sedini mungkin, karena cepat atau lambat semua karyawan pasti akan pensiun.

Dr. Mulyono, S.E., M.M.