Business models for e‑commerce

Business models for e‑commerce

Menentukan model bisnis online yang jelas sangat penting untuk memulai bisnis online baru agar menjadi sukses. Tetapi juga penting bagi bisnis yang sudah ada untuk memikirkan pilihan untuk memperbaiki model bisnis mereka atau menambahkan layanan baru ke penawaran mereka mengingat peluang baru yang dimungkinkan oleh Internet

Bagian utama kanvas dalam urutan logis untuk mempertimbangkannya adalah:

  1. Value proposition. Ini adalah inti dari apa yang ditawarkan bisnis kepada khalayaknya dan bisa dibilang paling penting untuk sukses.
  2. Customer segments. Target audiens yang berbeda dengan siapa proposisi nilai akan naik banding. Dalam Business Model Canvas, alternatif yang direkomendasikan adalah pasar massal, ceruk pasar, tersegmentasi (dirinci lebih jauh) atau berbagai segmen yang beragam.
  3. Customer relationships. Jenis-jenis hubungan yang akan dibentuk, misalnya, layanan mandiri, layanan otomatis, komunitas atau lebih banyak bantuan pribadi. Co‑creation konten dapat menjadi bagian dari ini.
  4. Channels. Metode dimana layanan organisasi akan dikirimkan dan audiensi tercapai.
  5. Key partners. Untuk mengeksploitasi jaringan nilai online dan offline, membentuk kemitraan memberikan peluang memperluas jangkauan dan mengambil keuntungan dari organisasi yang ada dan online influencer yang telah membangun audiens.
  6. Activities. Kegiatan utama yang perlu dilakukan untuk memberikan proposisi nilai untuk mengembangkan pendapatan.
  7. Resources. Berbagai jenis proses dan orang untuk menyelesaikan kegiatan untuk menciptakan dan memberikan proposisi nilai.
  8. Struktur biaya. Elemen biaya yang berbeda; harus diperiksa terhadap aktivitas dan sumber daya. Biaya secara klasik dipecah menjadi biaya tetap dan variabel dan skala ekonomis.
  9. Revenue stream. Ini adalah metode di mana bisnis memperoleh pendapatan. Opsinya adalah: pendapatan iklan, biaya berlangganan, penjualan barang fisik atau virtual atau pengaturan komisi berdasarkan afiliasi. Perizinan dan penyewaan adalah alternatif lain

Dikutip dari

Chaffey, Dave – Digital Business and E-commerce Management Strategy, Implementation And Practice-Pearson Education Limited (2015)

Dicky Hida Syahchari,ST,MM,PhD