Acquiring Project Resources

Acquiring Project Resources

Sumber daya proyek mengacu pada semua personel dan sumber daya material yang diperlukan untuk berhasil mencapai tujuan proyek. Banyak proyek kekurangan dana dalam tahap konsep. Kurangnya dukungan sumber daya ini dapat terjadi karena beberapa alasan, termasuk:

  1. The project’s goals are deliberately vague. Terkadang sebuah proyek dimulai dengan keseluruhannya tujuan masih agak “cair.” Mungkin proyek ini merupakan upaya penelitian murni di laboratorium atau proyek teknologi informasi yang dirancang untuk mengeksplorasi kemungkinan baru untuk desain chip atau kecepatan komputer. Dalam keadaan seperti ini, perusahaan mensponsori proyek dengan mandat “fuzzy” yang disengaja, untuk memungkinkan tim proyek fleksibilitas maksimum.
  2. The project lacks a top management sponsor. Seperti yang akan kita pelajari, memiliki seorang pemenang proyek dalam manajemen puncak organisasi dapat sangat membantu untuk pengembangan proyek, terutama dalam mendapatkan dukungan untuk proyek dengan sumber daya yang memadai. Di sisi lain, ketika tidak ada sponsor yang kuat muncul untuk proyek, itu mungkin menghadapi kekurangan dana dibandingkan dengan proyek lain yang bersaing untuk sumber daya perusahaan yang langka.
  3. The project requirements were deliberately understated. Tidak jarang sumber daya proyek perlu sengaja dikecilkan pada permulaan agar dapat diterima oleh organisasi. Para kontraktor yang mengajukan penawaran kerja untuk agen-agen pemerintah diketahui kadang-kadang underbid untuk memenangkan pekerjaan-pekerjaan ini dan kemudian menegosiasikan kembali kontrak setelah fakta atau mencari cara lain untuk meningkatkan margin keuntungan nanti.
  4. So many projects may be under development that there is simply not enough money to go
    around
    . Alasan umum karena kurangnya dukungan sumber daya untuk suatu proyek adalah bahwa perusahaan terus mengembangkan begitu banyak proyek sehingga tidak dapat mendanai semuanya secara memadai. Sebagai gantinya, perusahaan mengadopsi sikap “ambil atau tinggalkan”, memberi manajer proyek pilihan untuk menerima dana yang tidak mencukupi atau tidak menerima sama sekali.
  5. An attitude of distrust between top management and project managers. Terkadang proyek menerima pendanaan yang rendah karena manajemen puncak yakin bahwa manajer proyek dengan sengaja menaikkan perkiraan mereka untuk mendapatkan pendanaan yang berlebihan

Dikutip dari

Pinto, J. K. (2013). Project Management: Achieving Competitive Advantage. Upper Saddle River, NJ: Pearson.

Dicky Hida Syahchari,ST,MM,PhD