The key to successful leadership today is influence, not authority.

by:  Jessica Valentine (2001561682)

 

Seperti kalimat di atas, “The key to successful leadership today is influence, not authority”, yang berarti bahwa kunci sukses kepemimpinan adalah pengaruh, bukan kekuasaan. Pengertian pemimpin yang baik akan sangat berbeda antara satu orang dengan orang yang lainnya. Karena pandangan tiap orang tentang sosok seorang pemimpin pasti berbeda dan itu dipengaruhi oleh tingkat pengetahuan, pengalaman dan lingkungan yang membentuk karakter dirinya dan pandangannya. Kita semua tahu bahwa menjadi seorang atasan itu sulit dan tidak mudah. Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang dapat memberi pengaruh yang baik kepada bawahannya bukan hanya sekedar memiliki kedudukan yang tinggi. Tetapi di zaman sekarang banyak orang yang berusaha mendapatkan kedudukan yang tinggi dalam sebuah perusahaan atau kelompok agar dapat di sebut pemimpin tanpa ia mengetahui dan mementingkan apa inti dari kepemimpinan tersebut dan sikap-sikap seperti apa yang harus dimiliki seorang pemimpin. Menurut pendapat saya, kepemimpinan itu dilahirkan bukan dibangun.

Meskipun demikian, setiap orang berhak untuk menjadi seorang pemimpin asalkan ia memiliki sifat-sifat seperti ini:

  1. Memiliki Passion
  2. Jujur
  3. Komunikatif
  4. Pendengar yang baik
  5. Memiliki Integritas yang baik
  6. Mempunyai strategi dalam memimpin
  7. Mempunyai Komitmen terhadap tujuannya
  8. Apresiasi / yang dapat mengapresiasikan bawahannya
  9. Pemimpin harus memiliki prinsip
  10. Pemimpin harus memiliki Nilai (Value)
  11. Determination atau setiap keputusannya mempunyai kepastian bahwa apa pun yang di putuskan adalah yang terbaik bagi perusahaan.
  12. Dan yang paling utama yaitu Rendah Hati

 

Sumber:

Lusymeylani (2014). 12 SIFAT KEPEMIMPINAN. From: https://uchieoscar.wordpress.com/2014/10/25/12-sifat-kepemimpinan/amp/   

 

Jessica Valentine (2001561682)
  1. saya setuju dengan artikel diatas karena menunjukkan tidak hanya sikap seorang pemimpin saja yang dirubah tetapi sifat yang baik juga harus dirubah menjadi lebih baik sehingga para anggotanya dapat menirukan sikap dan sifat yang baik di pekerjaannya.

  2. menjadi seorang pemimpin itu tidak mudah , oleh karena itu seorang pemimpin yang sudah bisa memberikan pengaruh positif kepada karyawannya sudah dianggap pemimpin yang baik

  3. sifat sifat pemimpin yg di sebutkan diatas sangat berpengaruh bagi organisasi apabila dikerjakan dengan baik

  4. saya setuju dengan bahasan diatas, kunci dalam kepemimpinan bukanlah kekuasaan, melainkan pengaruh dari pemimpin tersebut, baik atau burukkah dalam memimpin sebuah organisasi.

  5. Ya . Sekarang ,seseorang harus memiliki pengaruh agar ada yang mengikuti nya atau menganggap nya sebagai pemimpin . Bagaimana jika ia kehilangan “pengaruh” nya sebagai pemimpin dan tidak lagi di hormati ? Ia bukanlah lagi seorang pemimpin .

  6. Sekarang ,seseorang harus memiliki pengaruh agar orang-orang di sekitarnya dapat mempercayai orang tersebut dan dapat menjadikan orang tersebut sebagai panutan mereka sehingga mereka menerima orang etrsebut sebagai pemimpin mereka. Bagaimana jika ia kehilangan “pengaruh” nya sebagai pemimpin dan tidak lagi di hormati ? yang harus dilakukan adalah orang tersebut harus mengoreksi diri dan mengetahui apa yang menjadi kesalahannya tersebut dan dengan segera untuk memperbaikinya dengan hal tersebut akan mempermudah kita sebagai pemimpin untuk kembali mendapat kepercayaan dan dihargai oleh orang lain tersebut.

  7. seorang pemimpin harus memiliki pengaruh terhadap apa yang dikerjakan oleh para bawahnnya, pengaruh tersebut dapat berupa nasehat, karakter dari pemimpin itu sendiri, sifat pemimpin itu sendiri, dll. hal-hal tersebut akan memiliki pengaruh besar dalam kinerja pemimpin tersebut kepada orang-orang yang ada di sekitarnya.

  8. saya setuju dengan artikel di atas bahwa jujur merupakan kunci utama untuk bisa menuju menjadi pemimpin