Kerangka Proses SCOR Model

Oleh : Meiryta Yuliani & Haryadi Sarjono

Dalam melakukan analisa dan perhitungan SCOR model ada 4 tahap dalam kerangka untuk memudahkan peneliti dalam melakukan pengerjaan SCOR model.

Perancangan Proses Bisnis

Perancangan proses bisnis merupakan kegiatan menganalisis aktivitas bisnis AS-IS yaitu proses bisnis yang dilakukan saat ini yang dituangkan dalam bentuk pemetaan. Serta melakukan analisis desain to-be yaitu proses bisnis yang akan dituju oleh peneliti untuk memperbaiki desain bisnis sebelumnya yang juga akan dituangkan dalam bentuk pemetaan. Dalam subtahap fase AS-IS yaitu pemodelan AS-IS ini akan dijalankan pemetaan pada level 1 sampai dengan level 4. Analisis secara cermat akan dijalankan untuk memahami aliran proses,bahan, dan informasi yang ada sekarang. (John Paul, 2014:140)

Contoh pemetaan pada level 1 sampai dengan level 3 :

Sumber: John Paul (2014 : 141)

Gambar 1. Aktivitas Rantai Suplai dalam SCOR


Berikutnya adalah contoh aktivitas rantai suplai pada pemetaaan level 3 dan pemetaan level 4.

Sumber : John Paul (2014 : 142)

Gambar 2. Contoh Aktivitas Rantai Suplai dalam SCOR Proses Tingkat 3-6

Daftar Pustaka

Georgise, F. B., Thoben, K. D., & Seifert, M. (2013). Implementing the SCOR Model Best Practices for Supply Chain Improvement in Developing Countries. International Journal of Service, Science and Technology vol 6, no. 4, 1.

Hidayat, S., & Astrellita, S. A. (2012). Using Supply Chain Operation Reference Model and Failure Mode Effect Analysis to Measure Delivery Performance of a Distribution System (Case Study : Lotte Mart Indonesia). Jurnal Al-azhar Indonesia Seri Sains dan Teknologi, Vol. 1, No. 4.

Moazzam, M., Garnevska, E., & Marr, N. E. (2012). Benchmarking Agri-food Supply Chain Networks: A Conceptual Framework. Benchmarking Agri-food Supply Chain Networks: A Conceptual Framework, 1.

Paul , J. (2014). Transformasi Rantai Suplai dengan model SCOR. In J. Paul, Transformasi Rantai Suplai dengan Model SCOR. Jakarta: PPM. Manajemen.

Pratiwi, A., & Sarjono, H. (2014). Proposed Improvement of Performance Calculation of Supply Chain Management. Applied Mathematical Sciences, Vol. 8.

Salazar, F., Caro, M., & Cavazos, J. (2012). Final Review of the Application of the SCOR Model for Biodiesel Castor-Colombia Case. Final Review of the Application of the SCOR Model for Biodiesel Castor-Colombia Case, 1.