Knowledge Management Strategy, Innovation, and Performance in Small Business Enterprise in Indonesia (Part 3)

Oleh: Aryo Bismo, Wensin Halim, & Monica Andini Erwinta (Global Business Marketing)

 

Berdasarkan situasi dari part 1 dan 2, dapat disimpulkan bahwa UKM di Indonesia percaya bahwa kemajuan teknologi menjadi salah satu hal penting untuk meningkatkan inovasi dan meningkatkan kinerja melalui inovasi, terutama di masa pandemi COVID-19, di mana bisnis online berkembang pesat di Indonesia. Situasi tersebut menunjukkan peluang besar untuk berkembang dan dengan demikian, diperlukan inovasi yang dibangun dari personalisasi karena karyawan termotivasi. Hasil menarik lainnya menunjukkan bahwa personalisasi secara langsung mempengaruhi kinerja perusahaan. Ternyata interaksi sosial dan karakteristik karyawan secara langsung berdampak pada kinerja perusahaan. Hasil tersebut dinilai wajar karena penelitian dilakukan di Indonesia dimana komunikasi antara karyawan dan pelanggan diyakini lebih penting daripada berfokus pada inovasi secara internal. Strategi knowledge management juga terbukti memengaruhi kinerja perusahaan melalui percepatan kapasitas inovasi perusahaan.

Efek bawahan dari strategi manajemen pengetahuan pada kinerja perusahaan melalui percepatan kapasitas inovasi perusahaan. pada penelitian López-Nicolás & Meroño-Cerdán (2011), menyebutkan bahwa strategi manajemen pengetahuan memberikan dampak dan peningkatan yang signifikan terhadap peningkatan kapasitas inovasi. Terbukti bahwa baik strategi manajemen pengetahuan dan inovasi akan meningkatkan kinerja perusahaan secara keseluruhan—keuangan, proses, dan internal—yang merupakan isu kritis bagi SBE selama pandemi karena mengubah perilaku masyarakat dan mematikan ekonomi. Oleh karena itu, untuk bersaing dan bertahan, penting bagi UKM untuk meningkatkan kinerjanya melalui inovasi dan manajemen pengetahuan.

Penelitian ini telah menyajikan pendekatan manajemen pengetahuan strategis yang menyempurnakan inovasi dan kinerja perusahaan. Selain itu, ditunjukkan bahwa risiko strategi manajemen pengetahuan (kodifikasi dan personalisasi) memberikan dampak pada inovasi dan kinerja organisasi, yang akan menjadi bukti empiris untuk penelitian masa depan. Terlepas dari risiko, personalisasi menunjukkan dampak besar pada kinerja perusahaan secara keseluruhan. Ini mengarah pada kesimpulan bahwa penelitian dapat relevan dalam banyak hal dalam membantu UMKM untuk mengembangkan keuangan, proses, dan kinerja internal di masa pandemi. Disarankan bahwa mengubah model bisnis menjadi bisnis online tampaknya penting untuk bertahan dari penyusutan pasar.

Reference

López-Nicolás, C. & Meroño-Cerdán, Á. L. (2011). Strategic knowledge management, innovation and performance. International Journal of Information Management, 31(6), 502-509. https://doi. org/10.1016/j.ijinfomgt.2011.02.003.