Magang secara WFH vs WFO

Oleh: Raka Dwiputra (Student of Global Business Marketing Program)

Magang merupakan salah satu langkah mahasiswa untuk lebih mengetahui dunia nyata kerja. Pada saat ini, kondisi pandemi Covid-19 mempengaruhi berbagai aktivitas masyarakat yang biasanya dapat dilakukan di luar rumah menjadi diarahkan dengan konsep WFH (work from home). Aktivitas tersebut termasuk dalam pekerjaan, sehingga mahasiswa yang magang pun juga terkena dampak dari perubahan konsep kerja tersebut.

Pada kondisi saat ini, kebanyakan kantor yang memberlakukan magang untuk mahasiswa memakai system magang WFH. Dalam artikel ini saya akan memberitahu manfaat-manfaat yang didapatkan jika magang secara WFH dan juga perbandingannya dengan system magang secara WFO sesuai dengan pengalaman saya sebagai mahasiswa yang baru selesai magang.

 

Keuntungan yang didapatkan saat magang WFH:

· Bisa mendapatkan kesempatan bekerja di kantor dari rumah.

· Tidak mengeluarkan banyak ongkos, seperti makan, transportasi, sewa kos dan lainnya.

· Dapat mengatur tempat kerja dengan nyaman di rumah

· Mendapatkan waktu yang lebih fleksibel untuk mengerjakan pekerjaan kantor

 

Sedangkan kekurangan magang secara WFH adalah tidak merasakan bertemu secara langsung dengan banyak orang yang dapat mempersempit kesempatan untuk mengasah kemampuan berkomunikasi dengan banyak orang.

Jadi begitulah manfaat dan kekurangan magang secara WFH menurut pandangan saya. Kedua konsep magang WFH maupun WFO mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing. Untuk pertanyaan lebih enak yang mana? Coba simpulkan sendiri dari pernyataan-pernyataan saya diatas! Tapi untuk saat ini karena Covid-19 lebih disarankan untuk magang dengan konsep WFH ya guys.