CONTENT PLANNING INSTAGRAM BRAND FASHION “BERRYBENKA”

Oleh: Marwah Rizqiyati (Student of Global Business Marketing Program)

Menjadi bagian dalam tim onsite Berrybenka, setiap harinya membuat berbagai macam konten untuk Instagram dan campaign banner. Sebelum pembuatan konten, bersama tim campaign merencanakan strategi konten untuk menciptakan konten yang menarik, inovatif, dan kreatif. Perencanaan strategi konten dilakukan dengan membuat content planning mengenai apa saja jenis konten yang akan dijalankan selama seminggu di Instagram dan membuat brief desain banner campaign.

Content planning dirancang berdasarkan pada data-data analitik Instagram. Setiap minggunya, saya dan tim membuat weekly report Instagram untuk masing-masing akun Berrybenka (Terdapat 4 akun; Berrybenka, Berrybenkashoes, Berrybenkabags, dan Hijabenka). Saya bertanggung jawab untuk membuat laporan Instagram Berrybenkabags dengan mengambil data-data analitik dari Google Analytics dan Iconosquare. Sekumpulan data-data tersebut dianalisis dan dibandingkan dengan data minggu sebelumnya yang kemudian diterjemahkan menjadi suatu insight yang digunakan untuk menentukan content planning yang tepat dan memahami perilaku audiens di Instagram.

Konten-konten yang saya buat terkait dengan konten yang dapat menciptakan interaksi dengan audiens dan menarik perhatian audiens terhadap produk-produk Berrybenka. Dalam membuat konten, terdapat beberapa hal yang selalu dan perlu diperhatikan, yaitu kreatif, relevan, dan konsisten. Oleh karena itu, sebagai intern diberi tanggung jawab untuk konsisten dalam membuat dan membagikan konten-konten yang menarik dan kreatif setiap hari untuk meningkatkan engagement dan traffic serta membangun interaksi dan hubungan yang baik dengan konsumen online.

Konten untuk Instagram yang dibuat berupa games, seperti polling “This or That” produk-produk yang sedang diskon, tebak nama produk, mencari emoji yang terdapat pada foto produk, dan games lainnya. Konten games ini memiliki tujuan soft selling untuk menunjukkan produk-produk Berrybenka yang termasuk dalam campaign promo dihari itu dengan cara yang menyenangkan. Dari jenis konten ini memberikan kontribusi besar pada engagement Instagram dan interaksi keterlibatan followers.

Selain itu, untuk melakukan push product secara langsung, konten yang dibuat seperti menunjukkan foto produk dan harga produk sebelum diskon dan setelah diskon (harga coret) di mana hal ini bertujuan untuk mendorong dan menarik perhatian konsumen untuk melakukan pembelian. Dan juga terdapat jenis konten untuk membangun interaksi dengan konsumen, seperti membuat QnA terkait dengan promo, produk, rekomendasi OOTD, dan pertanyaan seputar outfit favorit serta konten polling mengenai keseharian followers. Konten yang efektif akan memberikan feedback yang positif bagi perusahaan.