Apakah Segmentasi Pasar itu Penting?
Oleh: Sara Tanya Mirah (Student of Global Business Marketing)
Segmentasi pasar merupakan salah satu langkah pokok dalam menerapkan pasar sasaran. Segmentasi pasar adalah metode kreatif bagiamana memandang pasar. Kegiatan membagi – bagi pasar secara heterogen dari suatu produk kedalam satuan – satuan pasar yang bersifat homogen atau bisa diartikan ‘sama’. Pada dasarnya segmentasi pasar adalah strategi yang didasarkan pada managemen yang orientasinya adalah konsumen. Kegiatan pemasaran dapat dilakukan lebih mengarah dan efektif serta efisien untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Segmentasi pasar mempunyai perana yang penting dalam marketing yaitu sebagai berikut:
- Lebih fokus masuk kepasar sesuai keunggulan kompetitif perusahaan.
- Mendapatkan input peta kompetisi dan posisi dipasar.
- Basis untuk mempersiapkan strategi marketing.
- Kunci mengalahkan pesaing dengan memandang pasar dari sudut unik yang berbeda.
Cara memandang pasar tersebut pada umumnya adalah sebagai berikut:
- Static
Static merupakan cara memandang pasar berdasarkan geografis dan demografis. Geografis merupakan cara pandang yang meliputi Negara, kawasan, propinsi dan kota. Sedangkan demografi kita memandang pasar dari sudut jenis kelamin, usia, pekerjaan, agama dan pendidikan. Hal ini merujuk kepada data statistic penduduk , pendapatan, rata – rata umur dan pendidikan. - Dynamic
Dynamic merupakan cara memandang pasar berdasarkan sifat – sifat dinamis yang mencerminkan karakter pelanggan. Segmentasi tersebut berdasarkan pada perilaku dan psikografi. Berupa kepribadian, sikap, penggunaan, dan respon pelanggan terhadap produk.
Jadi setelah membaca penjelasan diatas, tentu saja segmentasi pasar itu penting karena jika sudah dilakukan segmentasi pasar maka kegiatan pemasaran dapat dilakukan lebih mengarah dan efektif serta efisien untuk memenuhi kebutuhan konsumen.