Seven Strategies to Master Public Speaking

Tips berubah Dari Pembicara yang Gugup, Mual, dan Berkeringat, Menjadi Presenter yang Bersemangat, Berenergi, dan Bergairah

STRATEGI #1 – UNCOVER & CLEAN THE WOUND.

Jangan mencoba menutupi ketakutan Anda berbicara di depan umum dengan plester. Ini tidak akan berhasil. Alih-alih, mengungkap dan kemudian membersihkan luka Anda. Cari tahu mengapa Anda gugup dan atasi.

STRATEGI #2 – IMAGINE THE WORST.

Bayangkan bahwa semuanya tidak beres dalam pidato Anda yang akan datang dan itu benar-benar bencana. Cari tahu bagaimana Anda akan menangani emosi Anda terlebih dahulu dan mengendalikan situasinya.

STRATEGI #3 – YOU BE YOU, GROW INTO YOU.

Terimalah bahwa Anda akan menyampaikan pidato Anda dengan cara yang sesuai dengan kepribadian Anda dan merasa nyaman dengan itu. Gunakan sifat itu sebagai bagian integral dari pidato Anda.

STRATEGI #4 – SPEAK TO ONE

Ingatkan diri Anda bahwa kerumunan sebenarnya hanyalah sejumlah besar individu. Jika memungkinkan, bertemu beberapa dari mereka, dan kemudian ketika Anda naik ke atas panggung, berbicaralah dengan beberapa orang yang Anda kenal.

STRATEGI #5 – IT’S NOT ABOUT YOU

Orang-orang di kerumunan kurang peduli tentang Anda daripada yang mungkin Anda sadari. Bahkan Ketika Anda sedang berbicara, mereka tidak memikirkan Anda jadi santai saja. Layani mereka tanpa menjadi cemas.

STRATEGI #6 – CHANNEL THE POWER

Jangan mencoba menghilangkan semua kegugupan saat Anda berbicara. Alih-alih, salurkan stres Anda dan kegugupan menjadi terobsesi untuk menciptakan hasil yang positif. Itu tujuan yang berharga.

STRATEGI #7 – BE IN THE MOMENT

Nikmati setiap dan semua kesempatan berbicara di depan umum yang Anda dapatkan. Jadilah pada saat ini daripada mengkhawatirkan apa yang salah dalam penumpukan Anda. Bersenang-senanglah dan Anda akan menguasainya.

 

Wanda Irawan