Tren Coffee Cart alias Kopi Gerobakan: Apa yang Bisa Dipelajari?
Kedai kopi di Indonesia sudah lama jadi bagian dari kultur sosial dan budaya. Kini, kedai kopi telah menjadi bisnis yang marak dibangun.
Meski tampaknya terasa jenuh, industri kedai kopi kehadiran satu tren baru dalam bentuk kopi gerobakan. Jenis usaha kedai kopi ini dengan mudahnya bisa kamu temukan di berbagai tempat, mulai dari gedung perkantoran, sekolah, universitas, sampai tempat umum.
Sekilas Mengenai Kopi Gerobakan
Konsep kopi gerobakan mulai jadi tren 2 tahun terakhir, di mana orang-orang yang punya mobilitas tinggi bisa membeli kopi di berbagai tempat dengan mudah dan tentunya dengan harga terjangkau.
Konsep bisnis ini lahir memberikan variasi produk kopi yang lebih terjangkau dan bisa didapatkan dengan mudah karena keberadaannya di tempat umum. Selain itu, masyarakat yang biasanya membeli kopi dengan harga lebih mahal kini bisa mendapatkan kopi yang bisa dinikmati dengan harga ramah kantong dengan produk kopi yang khas.
Umumnya, bisnis kopi gerobakan bersifat waralaba / franchise. Semua bahan baku dan prosedur pelatihan sudah disediakan sehingga mitra tinggal menjalankannya saja.
Sumber: Marketplus.id
3 Hal yang Bisa Dipelajari dari Bisnis Kopi Gerobakan
1. Mampu Adaptasi dengan Konsumen
Seiring dengan gaya hidup & mobilitas yang serba cepat di kota besar, kopi gerobakan menghadirkan inovasi yang sederhana namun efisien. Konsep “grab and go” seperti kopi gerobakan pun memiliki daya tariknya tersendiri, terutama untuk orang-orang yang ingin ngopi meski waktunya terbatas. Selain itu, varian minuman kopi yang ditawarkan cukup beragam, mulai dari es kopi susu hingga es kopi dengan rasa yang variatif, yang sudah disesuaikan dengan selera lokal.
2. Fokus pada Efisiensi
Tingginya mobilitas masyarakat, ditambah dengan keinginan masyarakat memperoleh produk yang cepat dan enak, menjadi tantangan tersendiri. Kopi gerobakan mengutamakan kedua hal tersebut, membuat produk mereka bisa didapatkan dengan mudah. Di sisi lain, pelayanan yang diberikan pun tergolong cepat dan sangat sesuai dengan gaya hidup orang-orang seperti pekerja kantoran maupun mahasiswa.
3. Lakukan Branding yang Kuat
Karena usaha kopi gerobakan tersebar di berbagai tempat umum, maka diperlukan branding dan pemasaran yang kuat untuk meningkatkan awareness dan perhatian orang-orang. Di media sosial, usaha ini pun membangun citra yang menonjolkan keterjangkauan harga & kecepatan pelayanan yang membuat orang-orang dengan mobilitas tinggi pun menyadari keberadaan usaha ini.
Kesimpulan
Dari usaha kopi gerobakan, kita bisa belajar untuk terus menjadi relevan dengan menyesuaikan produk dan bisnis kita dengan kebutuhan masyarakat yang dinamis serta fokus memberikan layanan yang cepat tanpa mengorbankan kualitas. Walau bisnisnya tergolong sederhana, namun potensi dan skalabilitasnya bisa membuat bisnis ini berkembang cukup cepat.
Comments :