Masa depan memang penuh ketidakpastian, terlebih lagi di Indonesia ketika ekonomi sedang menuju ke arah yang begitu sulit dilihat. Namun, akan selalu ada tren baru yang diprediksi bisa booming di tahun depan, mendorong beragam bisnis untuk beradaptasi agar bisa bertahan dan sesuai dengan kondisi pasar. Lantas, apa saja tren bisnis yang diperkirakan akan naik di tahun 2025? Berikut adalah beberapa tren yang patut diwaspadai dan dimanfaatkan oleh pelaku bisnis di Indonesia.

Melihat 5 Tren Bisnis yang Diprediksi Meroket pada 2025?

1. Meningkatnya Green Economy

Seiring dengan meningkatnya kesadaran konsumen akan perubahan iklim dan keberlanjutan, konsumen lebih memilih produk yang ramah lingkungan, seperti produk daur ulang, energi terbarukan, dan produk organik. Dampaknya, beragam bisnis mulai merambah dunia ‘hijau’ dengan produk-produk yang dikembangkan secara berkelanjutan, sehat, dan sadar akan lingkungan.

2. Kolaborasi antar UMKM

Ekonomi, yang mungkin berpotensi menjadi semakin tidak pasti, membuat UMKM akan lebih banyak berkolaborasi untuk saling mendukung satu sama lain. Kolaborasi bisa dilakukan dengan pengembangan produk bersama, berbagi infrastruktur logistik, atau mengadakan event bersama akan menjadi strategi yang populer untuk menggaet ceruk pasar yang lebih luas.

3. Inovasi dalam Proses Logistik

Untuk bisnis yang bergerak secara online dan melalui eCommerce, logistik akan menjadi kunci. Dengan sistem terkini seperti real-time tracking, optimasi rute, serta pengiriman yang lebih cepat dan terjadwal, akan semakin dibutuhkan, beragam online business akan semakin lebih mudah melayani para pelanggannya.

4. Inklusi Keuangan untuk Pebisnis

Akses pembiayaan untuk bisnis diprediksi akan semakin mudah. Bukan hanya melalui bank, beragam bisnis bisa memperoleh pendanaan berkat keberadaan beragam   layanan fintech dan pinjaman yang inovatif, terutama yang fokus dengan UMKM. Hal ini akan mendorong pertumbuhan UMKM di berbagai sektor, terutama di sektor perdagangan dan manufaktur.

5. Adopsi AI untuk Proses Usaha

Meski AI cukup baru dan menantang untuk bisnis dan UMKM, namun adopsi AI diprediksi untuk meningkatkan efisiensi operasional. Ke depannya, bisnis dan UMKM di Indonesia diduga akan mulai memanfaatkan chatbot untuk layanan pelanggan hingga data analytics yang mendalam untuk pengambilan keputusan dan pemasaran.

Kesimpulan

Dengan fokus pada lingkungan dan teknologi, bisnis di Indonesia akan menuju ke arah adopsi bisnis yang berporos pada AI, inovasi, digitalisasi, dan kesadaran lingkungan. Tren-tren ini mencerminkan kebutuhan pasar yang terus berubah serta potensi besar bagi sektor-sektor yang baru berkembang di Indonesia.