4 Jenis Inovasi yang Diperlukan agar Bisnismu Bisa Bertahan Lama!

Inovasi adalah sebuah proses yang tidak bisa dipisahkan dari sebuah bisnis. Proses inilah yang menjadi penyambung hidup atau nyawa setiap bisnis yang ada.

Sebuah bisnis yang memutuskan hanya exist saja bisa dipastikan tidak akan sustain. Namun, ketika inovasi dikedepankan, sebuah bisnis bisa dipastikan akan berumur panjang.

Dalam pembahasan kali ini, kamu akan melihat 4 jenis inovasi yang dibutuhkan ketika kamu menjalankan bisnismu sendiri. Dengan memahami setiap jenis inovasi ini, kamu akan punya peluang untuk tetap bikin pelanggan loyal dan bikin bisnismu tetap tahan lama!

Disruptive Innovation

Jenis inovasi yang pertama ini adalah inovasi yang mungkin paling populer dalam beberapa tahun ini. Inovasi yang disruptif adalah inovasi yang memberikan breakthrough atau gebrakan baru buat pasar atau dunia bisnis. Produk, jasa, atau teknologi yang dilahirkan inovasi ini belum pernah ada sebelumnya.

Berkat proses ini, cara-cara kehidupan yang konvensional pun mendadak berubah. Pelanggan pun mulai membiasakan diri dengan produk-produk yang disruptif dan lama-kelamaan, hal tersebut akan diterima sebagai cara hidup yang selangkah lebih maju.

Lewat inovasi yang disruptif, lahirlah beberapa brand dan produk ternama yang kini mulai merajai pasar, mulai dari Tokopedia lewat platform e-commerce-nya sampai dengan Gojek dengan sistem ojek online-nya.

Radical Innovation

Inovasi yang sifatnya radikal cenderung mirip dengan inovasi disruptif yang memang sama-sama menggebrak. Hanya saja, pembedanya terletak pada tujuannya.

Jika pada inovasi disruptif produk-produk yang muncul mengubah kebiasaan hingga perilaku masyarakat, inovasi yang radikal cenderung bertujuan untuk menciptakan pasar dan permintaan baru dengan merespon pasar lewat produk yang baru.

Architectural Innovation

Architectural innovation disebut juga sebagai sustaining innovation. Jenis inovasi ini umumnya diterapkan oleh sebuah bisnis ketika bisnis tersebut ingin mempertahankan posisinya di pasar yang ia masuki.

Biasanya, inovasi ini akan diterapkan oleh pemimpin pasar yang tidak ingin posisinya tergeser dari para. kompetitornya. Mereka akan mempertahankan posisinya di pasar dengan memperbaiki layanan dan produk yang dirasa kurang oleh para pelanggannya. Hal ini dimaksudkan agar para pelanggannya tetap setia terhadap produknya dan tidak lari ke kompetitor.

Incremental Innovation

Inovasi yang sifatnya incremental bisa dikatakan sebagai jenis inovasi yang paling tersembunyi karena tidak pernah mencuri perhatian. Sebuah bisnis menerapkan inovasi ini dengan tujuan memperbaiki dan meningkatkan produk atau layanannya secara kontinu.

Inovasi ini biasanya diterapkan dalam bentuk perbaikan sistem, pembuatan fitur baru, hingga perbaikan teknis untuk membuat produk atau jasa jadi lebih lancar dan digunakan oleh para pelanggan.

Christian Lim