3 Keuntungan Manfaatkan AI Chatbot untuk Layani Pelanggan

Melayani pelanggan adalah proses yang bisa dibilang cukup tricky. Salah sedikit, maka pelanggan bisa saja merasa tidak puas akan apa yang kamu berikan dan lakukan buat mereka.

Dan faktanya, human error cukup sering terjadi. Hal ini bisa terjadi entah karena ketidaksengajaan, kelelahan staf customer service, atau kurangnya keahlian dalam melayani pelanggan.

Bila beberapa hal di atas sering terjadi dalam usahamu, maka kamu akan membutuhkan AI chatbot. Apa saja keuntungannya dalam melayani pelanggan?

Mengurangi Beban Kerja Customer service

Seseorang yang bekerja di contact center atau customer service tentunya tidak bisa stand by selama 24 jam dan 7 hari seminggu. Mereka butuh rehat sebelum bisa bekerja kembali.

Namun, pelanggan bisa berbelanja atau membeli produkmu tanpa kenal waktu. Mereka bisa berbelanja di siang hari maupun malam hari saat tokomu sudah tutup. Meski faktanya seperti ini, kamu harus mencari cara untuk tetap bisa melayani pelanggan di luar jam operasional.

Salah satu cara AI bisa membantumu untuk melakukan hal tersebut adalah dengan chatbot berbasis AI. Tool seperti ini bisa kamu dapatkan baik dari pengembang luar negeri maupun dalam negeri.

Dengan menggunakan AI chatbot untuk usahamu, kamu bisa memastikan layanan pelanggan tetap berjalan meskipun tokomu sedang tutup. AI chatbot akan membantu merespon pelanggan yang ingin bertanya tentang informasi, ketersediaan, sampai kendala produk. Bahkan, cara berbicara (Tone of voice) dari AI tersebut bisa kamu sesuaikan dengan brand kamu.

Karenanya, kamu tetap bisa produktif meskipun staf CS kamu sedang tidak bekerja atau tokomu sedang tidak dalam jam operasional.

Mudah Ditingkatkan

AI didesain untuk bisa mempelajari sebuah respon atau feedback dalam waktu yang singkat. Dengan realita seperti ini, maka peningkatannya pun akan sangat mudah dan lebih cepat bila dibandingkan sumber daya manusia yang tentunya membutuhkan waktu lebih lama dan cost lebih besar untuk pelatihan dan peningkatan performa.

Ketika menggunakan AI chatbot untuk melayani pelanggan, kamu bisa mempelajari apakah respon AI tersebut sudah tepat atau sesuai dengan keinginan pengguna. Bila belum, kamu bisa menggunakan insights yang dihasilkan dari interaksi yang telah dilakukan sebelumnya. Insights ini akan memberikan gambaran tentang apa yang kurang dan perlu ditingkatkan dari respon dan interaksi yang diberikan AI chatbot.

Meraih Kepuasan Pelanggan

Melayani pelanggan melalui customer service dilakukan dengan satu tujuan: Mencapai kepuasan pelanggan, entah itu pelanggan yang sudah senang dengan produk kita ataupun pelanggan yang ingin komplain dan mengalami ketidakpuasan.

Keberadaan AI chatbot yang kita gunakan, dengan kecerdasannya dalam merespon dan berinteraksi, akan bisa membantu pelanggan untuk mencari apa yang mereka butuhkan dan menyelesaikan keluhan mereka. Hal ini bisa membuat pelanggan melihat bahwa usahamu memang betul-betul serius dalam melayani pelanggan.

Christian Lim