AI adalah satu langkah kemajuan yang mendobrak batas-batas dalam setiap bidang kehidupan manusia.

Jika sebelumnya semua hal dilakukan dengan cara konvensional, kini AI memungkinkan semua proses dijalankan dengan mudah dan bahkan hampir tanpa campur tangan manusia.

Dunia bisnis pun tak luput dari jangkauan AI. Ada begitu banyak hal yang bisa AI lakukan sehingga membuat beragam aspek bisnis semakin jauh dari kata berat. Apa saja?

AI dalam Dunia Marketing

Pemasaran adalah tentang konten yang mampu membuat calon pelanggan mengenal usahamu, tertarik, sampai membeli produkmu. Artinya, kita akan bicara konten yang menarik dan informatif, baik tentang produk maupun usahamu.

Dalam hal ini, AI masuk begitu mudahnya. Jika biasanya kamu perlu berpikir keras untuk mencari ide konten, membedah fitur dan keunggulan produkmu, sampai mencari tahu persona calon pelangganmu dengan detail, sekarang tidak lagi.

AI kini hadir dalam bentuk software mumpuni seperti software content creation di mana kamu bisa meminta AI untuk membuatkan caption, post, sampai artikel untuk konten produkmu. Di sisi lain, kamu membuat artikel secara mudah untuk SEO dengan hanya memasukkan topik artikel, target pembaca, sampai keyword utama. Konten artikel kamu akan siap tampil di first page Google dan jadi lebih mudah menjangkau orang yang belum mengenal produkmu.

AI dalam Dunia Sales

Tidak bisa dipungkiri kalau sales selalu penuh dengan target, utamanya target penjualan. Ini mengharuskan seorang sales pintar-pintar membuat profil dan mencari target pelanggannya di lokasi yang tepat.

Kabar baiknya, AI untuk sales pun tersedia. Ada beragam software AI yang bisa membantu para sales untuk mendata para target pelanggannya dengan baik. Selain itu, software yang tersedia bisa membantu sales untuk follow-up target pelanggan yang dirasa cocok untuk sales.

AI dalam Dunia Rekrutmen

Memilih pegawai yang sesuai dengan kriteria dan harapan memang tak segampang mencari jarum dalam jerami. Dengan puluhan hingga ratusan CV yang masuk ke dalam sistem rekrutmen yang kamu pakai, bisa-bisa kamu pening hanya untuk memilih beberapa orang saja.

Tidak tanggung-tanggung, AI juga hadir di bidang rekrutmen. Dengan software rekrutmen berbasis AI, kamu bisa memperoleh berbagai talenta dari berbagai latar belakang. AI juga akan membantumu mencari mana orang yang paling cocok untuk kebutuhan dan kultur usahamu. Kemungkinan kamu memperoleh orang terbaik untuk usahamu pun akan makin besar!

AI dalam Dunia Keuangan

Mengelola keuangan usaha memang memusingkan. Maka dari itu, tidak heran kalau kehadiran AI bisa dibilang sangat melegakan. Pasalnya, begitu banyak item dan angka yang harus dikelola dan satu tim keuangan atau akuntan pun butuh effort ekstra dalam melakukannya.

Klasifikasi item ke dalam kategori masing-masing? Bisa! Penghitungan secara otomatis? Itu juga bisa! Bahkan, penghitungan terkait pajak dan deteksi fraud pun bisa dilakukan dalam waktu singkat!

AI dalam Dunia Operasional

Bicara soal aspek operasional, kamu akan berhadapan dengan banyak hal – Inventory management, pengelolaan kasir, sampai supply chain. 

AI dalam mengelola inventory akan membantu kamu untuk restock persediaan barang sebelum kamu kehabisan stok, mengatur SKU, sampai menerima barang retur bila sewaktu-waktu barang dikembalikan pelanggan.

Dalam hal pengelolaan kasir, AI bisa mempermudahmu mencatat setiap penjualan atau pesanan dengan detail, menyarankanmu melakukan upselling produk-produk yang tepat, dan mengelola resep produksi.

Dengan begitu banyak yang bisa AI kerjakan untuk operasional usahamu, kamu dijamin bisa lebih fokus dan damai mengelola usahamu.

Saatnya Manfaatkan AI untuk Usahamu

Kamu tidak perlu menunggu apa-apa lagi. Sekarang adalah saatnya kamu integrasikan AI dalam setiap aspek usahamu sehingga kamu bisa selangkah lebih maju dan punya daya saing lebih dari para kompetitormu.