Tren Wireless Power Transmission pada Bisnis

Teknologi dari zaman ke zaman semakin canggih. Banyak orang – orang yang mencari cara bagaimana cara untuk mempermudah segala hal dalam kehidupan sehari – harinya, contohnya seperti kabel yang digunakan untuk berbagai macam alat elektronik, yang membuat rumah / tempat kerja berantakan. Bahkan dengan kabel – kabel tersebut dapat memakan tempat yang cukup banyak, sehingga mungkin dapat mengurangi efektivitas kerja (jika kabel di tempat kerja) atau menurunkan mood (jika kabel berada di rumah). Selain mengganggu, penggunaan kabel juga dapat menyebabkan kebakaran dan konslet. Hal tersebut terjadi dikarenakan jika ada 1 kabel yang terpercik api / mengalami overheat, maka kabel – kabel lain juga akan mendapatkan dampaknya, sehingga hal tersebut menjadi penyebab yang sebenarnya vital dalam sebuah kejadian kebakaran. Maka dari itu, dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih, perlahan – lahan sumberdaya transmisi energi listrik pun dari yang menggunakan kabel, sekarang mulai diganti menggunakan teknologi wireless power transmission ini.

Definisi

Wireless Power Transmission, dari namanya saja kita sudah tahu bahwa keunikan trend ini dimasa mendatang berhubungan dengan teknologi pastinya, dimana teknologi yang berkembang kedepannya akan menggunakan konsep wireless / transmisi energi listrik dari sumber daya ke suatu benda melewati celah udara, dimana sudah tidak memakai kabel lagi untuk menghubungkan sumber daya listrik ke benda tersebut. Jadi, Wireless Power Transmission merupakan teknologi yang memiliki fungsi yang tinggi akan kegunaannya, dimana Wireless Power Transmission ini seperti sebuah daya nirkabel yang memungkinkan penggunanya dapat menggunakan barang dari yang seharusnya memakai kabel, menjadi tidak memakai kabel, dimana konsep wireless ini tetap memberikan benda yang di salurkan transmisi energinya oleh sumber daya melalui pancaran radiasi melewati udara.

Wireless Power Transmission Trend, merupakan sebuah future trend dimana di masa depan, semua perangkat serta alat yang ada tidak menggunakan kabel lagi, melainkan menggunakan radiasi dari transmitter (sumber daya listrik) kepada reciever (device). Jadi kedepannya akan sangat minim sekali penggunaan kabel – kabel terhadap teknologi – teknologi yang akan muncul di masa depan, yang tentunya dengan trend ini akan lebih memudahkan masyarakat dalam menjalani kehidupan sehari – harinya.

Penerapan Trend Wireless Power Transmission

Di zaman sekarang, tentunya sudah tidak asing bagi orang – orang untuk melakukan charging baterai, dimana sudah menjadi kebutuhan primer di setiap harinya. Biasanya, orang – orang melakukan charging dengan menyambungkan sumber daya listrik menggunakan perantara charger berupa kabel kemudian di plug in kepada devicenya. Dengan adanya WPT ini atau Wireless Power Transmission, maka proses charging device dapat menjadi wireless charging, dimana ini dapat lebih efisien dan tidak terganggu dengan tidak adanya kabel dalam charging device.

Wireless charging merupakan sebuah teknologi dimana sumberdaya listrik memberikan transmisi energi kepada device melalui udara. SUmber daya listrik ini memberikan transmisi energi dengan cara melakukan radiasi energi elektromagnetik melalui perantara celah udara. Sehingga wireless charging ini tidak menggunakan kabel yang membuat orang – orang akan lebih praktis dalam melakukan charging devicenya

Dampak dari Penerapan Trend Kedepannya

Dengan trend wireless power transmission yang terjadi sebagai future trend, dampaknya adalah kemudahan aksesibilitas masyarakat terhadap barang – barang / teknologi yang dimilikinya, sehingga akan memudahkan serta membantu kehidupan sehari – harinya. Selain itu, dengan tidak adanya kabel, maka akan lebih menghemat tempat, dan lebih praktikal. Selain dampak baik, dampak buruknya adalah dapat memungkinkan tindakan criminal baru yang terjadi di masa depan dikarenakan trend wireless power transmission ini pastinya semua menggunakan sistem, sehingga teknologi yang ada memiliki kemungkinan besar untuk muncul motif – motif criminal baru.

Potensi Bisnis Kedepannya bedasarkan Trend Wireless Power Transmission

Wireless Power Transmission memiilki potensi bisnis yang besar kedepannya. Dengan sistem WPT ini menjangkau seluruh teknologi dimana pada kedepannya pastinya setiap teknologi berhubungan dengan listrik, dan mungkin juga menggunakan pengisian daya lainnya diluar listrik seperti cahaya matahari, energi panas, dan lain – lain, yang merupakan pengisian daya yang ramah lingkungan. WPT ini akan digunakan di trend yang akan datang, dimana semua teknologi yang akan muncul kedepannya pastinya meminimalisir penggunaan kabel, dikarenakan banyak advantage yang dapat diambil dengan tidak adanya kabel seperti lebih praktis, hemat tempat, dan lebih memudahkan masyarakat dalam menggunakannya.

 

Referensi

https://www.elektroindonesia.com/elektro/ener15b.html

https://www.researchgate.net/publication/267512972_Wireless_Power_Transmission_Trends

https://ieeexplore.ieee.org/document/6850770

https://www.elprocus.com/wireless-power-transfer-circuit-and-working/

 

 

Kenji Aditthana, Mahasiswa BC 24