Meracik Menu Minuman Khas di Workshop “Craft Your Signature Beverage!”

Tingginya minat mahasiswa dalam membangun bisnis F&B menjadi salah satu dasar jurusan Business Creation dalam membuat workshop bertemakan F&B. Dalam workshop kali ini, jurusan Business Creation mengundang Bapak Allan Christo Titah, seorang Beverage Research & Development Specialist yang sudah berkecimpung lama di industri perkopian. Beliau dikenal sebagai otak di balik sebagian besar menu dari salah satu brand kopi ritel yang sedang naik daun di Indonesia.
Workshop kali ini diisi dengan materi singkat mengenai tren minuman di Indonesia pada tahun 2025 dan bagaimana tren ini akan berubah di tahun 2026. Setiap tren minuman diberikan contoh yang konkret agar mahasiswa memiliki gambaran yang jelas mengenai tren tersebut. Selain itu, Pak Allan juga memperkenalkan konsep signature beverage, yakni konsep minuman yang diracik dengan berbagai bahan sehingga menciptakan satu produk minuman yang unik di pasaran.

Setelah materi selesai, para mahasiswa yang dibagi ke dalam 5 kelompok dipersilakan untuk menggunakan bahan yang disediakan oleh Pak Allan dan timnya untuk meracik minuman khas mereka. Bahan-bahan tersebut terdiri atas whipped cream, liquid espresso, liquid jasmine green tea, powder, dan 20 macam sirup. Kehadiran beragam bahan minuman ini membuat mahasiswa dapat berkreasi secara bebas sesuai dengan ide dan kreativitas mereka. Setiap campuran minuman dapat mereka coba terlebih dahulu sebelum sampai pada racikan yang sesuai. Proses kreasi pun menjadi lebih hidup dan menyenangkan.
Sesi pun berlanjut ke sesi presentasi, di mana setiap kelompok mahasiswa diminta untuk mempresentasikan minuman yang telah mereka buat dengan ide di baliknya. Setiap hasil minuman diberi nama yang unik dan terasa begitu menarik dengan berbagai bahan berbeda yang digunakan.

Comments :