5 Kesalahan Umum Accounting yang Fatal untuk Bisnismu!
Akuntansi seringkali disebut sebagai ‘jantung’ dari sebuah bisnis. Bisnis apapun, besar atau kecil, akan membutuhkan proses akuntansi yang baik dan teratur.
Untuk pemilik bisnis pemula dan baru memulai bisnisnya, proses akuntansi biasanya dilakukan secara keliru dan kurang tepat. Tak jarang, kesalahan-kesalahan yang dilakukan bisa bersifat fatal untuk kemajuan bisnismu.
Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang umum terjadi di dalam akuntansi yang ternyata dapat menjadi fatal bagi kelangsung bisnismu!
Meski Umum, 5 Kesalahan Akuntansi ini akan Bersifat Fatal!
1. Mencampuradukkan Rekening Pribadi & Bisnis
Rekening pribadi dan bisnis sudah seharusnya sejak awal dipisah. Ini memang kesalahan yang terasa biasa, namun fatal akibatnya.
Pasalnya, kamu akan kesulitan memahami kondisi keuangan bisnismu dan hal ini akna menyulitkan kamu untuk mengembangkan bisnismu ke depannya sekaligus mengurus perpajakan.
2. Pencatatan tidak Teratur
Setiap kali operasional bisnismu selesai, kamu perlu melakukan pencatatan keuangan dari setiap transaksi yang ada secara langsung.
Menunda-nunda pencatatan hanya akan membuat laporan keuanganmu tidak akurat dan mempersulit pengambilan keputusan secara strategis.
Sumber: Unsplash.com
3. Pemeriksaan Keuangan tidak Rutin
Dalam proses pencatatan keuangan, kamu harus memastikan laporan keuanganmu diperiksa secara berkala.
Tanpa proses audit yang rutin, bisa-bisa ada kesalahan pencatatan yang justru terlewat atau pencatatan transaksi yang tidak seharusnya ada di sana, membuat laporan keuanganmu jadi tidak bisa diandalkan.
4. Tidak Mengandalkan Teknologi
Kalau kamu memilih menggunakan aplikasi atau teknologi khusus dalam operasional bisnismu, jangan lupakan juga untuk menggunakannya saat melakukan proses akuntansi atau pencatatan transaksi.
Melakukan pencatatan dengan cara manual atau konvensional berujung menghabiskan waktu dan tenaga, membuat bisnismu tidak bisa fokus ke hal-hal lainnya.
5. Invoicing & Billing yang Kurang Rapi
Dalam melakukan transaksi, terdapat aspek yang disebut invoicing dan billing. Dua aspek ini mesti dicatat secara jelas dan dikelola dengan baik dan rapi sehingga kamu bisa melakukan penagihan kepada pelanggan dengan baik dan tetap mempertahankan arus kas secara konsisten.
Kesimpulan
Meski umum terjadi, pastikan kamu jangan melakukan 5 kesalahan di atas. Sebisa mungkin hindari 5 kesalahan akuntansi tersebut dan kamu bisa dipastikan akan lebih mudah membawa bisnismu berkembang.
Comments :