4E Marketing Mix: Model Marketing Mix Terbaru
Dunia bisnis adalah dunia yang berkembang secara konstan. Hal ini juga memengaruhi pendekatan pemasaran yang ada di dalamnya.
Semula, terdapat konsep marketing mix 4P yang terdiri atas product, price, place, dan promotion yang mendominasi strategi pemasaran dalam waktu lama. Kini, mulai bergeser ke arah yang lebih customer-centric, yaitu konsep 4E: Experience, Exchange, Everyplace, dan Evangelism.
Lantas, apa saja yang bisa dipelajari dari marketing mix terbaru ini?
Experience
Marketing memang tentang memasarkan produkmu ke orang-orang yang tepat. Namun, di era modern, produk tidak selalu jadi yang utama. Orang-orang kini mulai mengedepankan experience, bukan hanya saat menggunakan produk yang mereka beli, tetapi juga saat melakukan pembelian dan after purchase.
Karena hal ini, kamu mesti memikirkan bagaimana agar pelayanan dan produk yang kamu berikan bisa memberikan pengalaman yang bukan hanya optimal saja untuk pelangganmu, tetapi juga memorable dan membuat mereka selalu teringat dengan brand kamu.
Everyplace
Sebelumnya, kamu mesti memilih di mana ingin mendirikan bisnismu, apakah secara offline atau hanya secara online. Kini, semua bisa menjadi lokasi tersendiri untukmu membangun bisnismu sendiri.
Kamu bisa menjangkau dan melayani pelanggan di mana saja dan kapan saja. Kalau kamu memiliki offline store, kamu seharusnya bisa melayani pelanggan secara online, baik dari media sosial, eCommerce, sampai dengan instant messaging.
Exchange
Produkmu bukan hanya tentang murah dan mahal saja. Kini, produkmu dilihat dari perspektif value atau nilai.
Maksudnya, dengan harga yang ditawarkan, pelangganmu akan melihat seberapa besar nilai yang bisa diberikan produkmu untuk mereka. Inilah yang disebut sebagai exchange atau pertukaran nilai.
Jadi, bermain harga bukan lagi sesuatu yang bisa dilakukan dengan mudah. Pelangganmu akan mengevaluasi sendiri value yang bisa mereka peroleh dari harga yang kamu cantumkan untuk produkmu.
Evangelism
Dulu, promosi dilakukan langsung oleh pemilik bisnis. Dengan mengandalkan berbagai cara dan platform seperti media sosial, Internet, sampai metode pemasaran konvensional, pemilik bisnis bisa menjangkau audiensnya.
Hari ini, semua berbeda. Dengan kehadiran elemen evangelism, promosi dilakukan dengan lebih mudah lewat komunitas atau Word of Mouth dari pelanggan loyal. Inilah yang melahirkan metode promosi seperti user generated content. Mereka ada karena mereka senang atau puas dengan produk dan pengalaman yang bisnismu berikan.
Kesimpulan
Marketing Mix 4E adalah pendekatan modern yang lebih relevan untuk era digital, dengan fokus yang lebih kuat pada pengalaman dan relasi dengan pelangganmu. Melalui pendekatan ini, kamu bisa memahami bagaimana menciptakan hubungan yang lebih mendalam dengan pelanggan, memanfaatkan teknologi, dan membangun loyalitas brand yang lebih kuat.
Comments :