Virtual Reality dan Bisnis: Dunia lain yang terlihat

Ketika kita berbicara tentang virtual reality (VR), banyak dari kita yang berpikir tentang film fiksi ilmiah seperti “Minority Report”. Namun, dalam kenyataan saat ini, teknologi ini telah benar-benar terintegrasi ke dalam kehidupan kita sehari-hari. Video game, kedokteran, pendidikan … virtual reality akan terus ada. Tapi apa sebenarnya itu?

Apa itu Virtual Reality ?

Virtual reality (VR) adalah lingkungan yang dihasilkan komputer di mana tampilan dan objek terlihat nyata dan membuat pengguna merasa tenggelam dalam lingkungannya. Lingkungan ini dapat diketahui melalui perangkat yang disebut headset atau helm Virtual Reality. VR memungkinkan kita membenamkan diri dalam video game seperti bermain peran, mempelajari cara melakukan operasi jantung, atau meningkatkan kualitas latihan untuk memaksimalkan kinerja. Perkembangan lanjutan dari teknologi dan perangkat lunak ini membawa perkembangan peralatan dan desain antarmuka secara bertahap.

 

Prediksi Penerapan Virtual Reality kedepannya

Banyak orang percaya bahwa Virtual Reality adalah “platform masa depan” dengan potensi besar. Namun, beberapa orang juga percaya bahwa ini akan membawa kita ke masa depan yang jauh dari dunia nyata. Ketika orang-orang skeptis tentang masa depan VR, Virtual Reality tidak diragukan lagi adalah salah satu topik terpanas dalam teknologi saat ini, mengingat perdebatan terus-menerus tentangnya.

Maka dari itu , adanya prediksi penerapan Virtual Reality itu sendiri. Kasus penggunaan dan penerapan VR itu sendiri yang akan mengubah dunia pada dasarnya akan terbagi dalam tiga sektor utama: kesehatan, komunikasi, dan pendidikan. Untuk kesehatan, VR akan menjadi alat yang ampuh dalam mengontrol umpan balik visual dan auditori ke otak serta akan ada banyak kemajuan dalam bidang perawatan kesehatan dan rehabilitasi. Juga akan ada pengurangan biaya di bidang perawatan psikiatri dan manajemen nyeri. Untuk komunikasi, VR akan terbukti sebagai alat penting untuk menumbuhkan empati, khususnya di bidang jurnalistik. Untuk pendidikan, VR dapat digunakan untuk mengajarkan konsep kompleks menggunakan umpan balik audio-visual dengan cara yang imersif.

 

Dampak Penerapan Virtual Reality kedepannya

Dari Virtual Reality mempunyai beberapa dampak dibeberapa bidang seperti pelatihan pilot, video game, dan sebagainya. Dalam bidang pelatihan pilot , aplikasi tertua dari Virtual Reality adalah pada pelatihan pilot. Sebelum pilot baru diizinkan menerbangkan pesawat sungguhan, ia harus diuji terlebih dahulu pada simulasi. Dia hanya bisa menerbangkan pesawat sungguhan jika lolos tes simulasi. Inilah sebabnya mengapa setiap sekolah penerbangan memiliki perusahaan pengembang aplikasi VR-nya. Simulasi tersebut dirancang sedemikian rupa sehingga terlihat begitu nyata dan seorang siswa akan merasa seperti sedang menerbangkan pesawat yang sebenarnya. Seperti yang disebutkan sebelumnya, ini adalah salah satu aplikasi aplikasi virtual tertua.

Dibidang video game , video game jauh lebih menarik jika dimainkan melalui platform virtual reality. Ini lebih menarik dan jauh lebih mendalam dan yang terpenting, itu lebih menarik, dan membuat ketagihan. Game yang anda miliki di perangkat anda tidak akan pernah bisa memberikan kesenangan sebanyak yang akan anda temui di game VR. Selain video game, ada beberapa cara virtual reality dapat digunakan untuk hiburan.

Potensi Bisnis Virtual Reality kedepannya

Virtual Reality sangat besar dalam industri game, dan itu hanya pengalaman yang keren secara keseluruhan untuk memakai salah satu headset ini. Namun selain itu, anda mungkin bertanya-tanya apakah ada potensi bisnis VR praktis lainnya.

Industri paling jelas yang berhasil menggunakan VR adalah hiburan. Selain pecinta video game, bayangkan konsumen mengalami tujuan perjalanan atau “berada di” acara olahraga tanpa harus keluar rumah. Ada kegunaan lain VR dalam bisnis. Misalnya, realitas maya dapat digunakan dalam pelatihan staf untuk para profesional yang bekerja di industri seperti real estat atau konstruksi. Bisnis real estat, arsitektur, dan konstruksi dapat menggunakan VR untuk menunjukkan seperti apa lingkungan jadinya.

VR dapat digunakan untuk mensimulasikan bekerja dengan peralatan mahal dalam berbagai lingkungan berbahaya. VR juga telah diluncurkan di sekretaris perawatan kesehatan dengan transisi dari uji coba dan pilot ke penggunaan umum. Ini telah diadopsi untuk membantu merawat pasien dengan gangguan kecemasan, mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang bagaimana mereka bereaksi terhadap situasi yang memicu stres sambil tetap aman dalam suara di dalam lingkungan virtual. Ini bahkan digunakan untuk membantu mendiagnosis pasien dengan gangguan penglihatan atau kognitif, melalui pelacakan mata.

Referensi:

Bardi, J. (2019, March 26). what-is-virtual-reality. Retrieved from Marxentlabs.com: https://www.marxentlabs.com/what-is-virtual-reality/

 

Rahman, T. (2020, April 18). the-future-of-virtual-reality. Retrieved from Medium.com: https://medium.com/predict/the-future-of-virtual-reality-

 

Rameshwar, R. (2020, August 18). how-virtual-reality-can-affect-your-everyday-life. Retrieved from mindcotine.com: https://www.mindcotine.com/how-virtual-reality-can-affect-your-everyday-life/

 

Uzialko, A. (2017, October 21). Virtual Reality is Making Marketing and Training More Effective for Businesses. Retrieved from Businessnewsdaily.com: https://www.businessnewsdaily.com/9344-virtual-reality-business-predictions.html

 

Clara, Mahasiswa BC 24