Virtual Reality? Apa Potensi Bisnisnya?

Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan kata “Virtual Reality” atau biasa dikenal dengan singkatan VR, kata tersebut merupakan gabungan dari kata ‘virtual’ dan ‘reality’ yang berarti maya atau dekat dan realitas yang berarti hal nyata yang dapat dialami oleh manusia. Virtual Reality sendiri merupakan bagian dari teknologi yang memanfaatkan komputer sebagai salah satu sumbernya. Dalam artian virtual reality ini menggambarkan lingkungan tiga dimensi (3D) secara langsung, sehingga orang-orang dapat berinteraksi dan merasakan secara nyata lingkungan yang digambarkan oleh VR. Contoh paling sederhana dari VR adalah Google Cardboard yang memberikan kesan nyata saat kita menonton video dengan fitur 360⸰ hanya dengan modal smartphone kita saja.

BAGAIMANA CARA KERJANYA?

Dalam penerapannya, secara tidak langsung VR membuat sang pengguna merasa masuk ke dunia yang diciptakan oleh VR, dan dunia nyata yang ada seakan terhapuskan secara perlahan. VR ini bermain dengan memanipulasi otak sang pengguna, sehingga pengguna benar-benar merasa berada di dunia nyata yang terciptakan oleh VR yang notabenenya adalah dunia virtual. Untuk merasakan hal ini, setidaknya dibutuhkan perangkat seperti Google Cardboard atau bahkan setidaknya headset VR.

APA SAJAKAH CONTOH PENERAPANNYA?

Dalam sejarah perkembangannya, seiring berjalannya waktu Virtual Reality ini sudah melakukan hal-hal yang cukup hebat. Terutama semenjak terjadinya pandemi ini, keadaan serta kesempatan untuk melakukan sesuatu secara langsung sangatlah sulit. Dan Virtual Reality ini telah menjadi salah satu alat atau perangkat untuk mencapai hal-hal yang tidak dapat dilakukan secara langsung dan menggantikan kekecewaan orang-orang dengan kehebatan dari VR ini. Pencapaian-pecapaian tersebut adalah sebagai berikut.

  • Mempromosikan Wonderful Indonesia di London
  • Menjadi salah satu perangkat yang membantu dalam simulasi bencana alam
  • Berhasil melakukan Kaaba Virtual Experience
  • Dan bahkan dapat menyediakan Pelantikan Gubernur Jakarta, Annies Baswedan & Sandiaga Uno dengan angle kamera secara 360 derajat.

Selain pencapaian-pencapaian yang telah disebutkan diatas, seriring berjalannya wakti VR juga telah melalui banyak perkembangan. Contohnya seperti Mixed Reality yang merupakan perkembangan dari Augmented Reality yaitu gabungan dari dunia digital dan dunia secara fisik yang memadukan interaksi antara manusia, lingkungan dan teknologi komputer, dan kemungkinan besar Virtual Reality sendiri nantinya akan berkembang menjadi sesuatu yang lebih hebat dan menakjubkan lagi seperti Mixed Reality (MR). Augmented Reality sendiri adalah teknologi yang dapat memberikan informasi dunia maya dan ditafsirkan ke dunia nyata melalui bantuan seperti webcam, kamera atau bahkan dapat dibuat kacamata khusus untuk mewujudkannya.

DAMPAK & MANFAAT

Seberapa lamakah biasanya kalian menikmati Virtual Reality ini? Diketahui bahwa rata-rata penggunaan perangkat VR ini mencapai 38 menit/ harinya, dan hal ini membuktikan bahwa terjadinya peningkatan dalam ketertarikan pengguna terhadap VR ini. Tentunya hal ini menimbulkan pro dan kontra disekitar masyarakat. Menurut sebuah studi dari Oregon State University, dikatakan bahwa gerakan-gerakan VR cukup berkontribusi pada ketidanyamanan dan ketengangan otot. Dan juga tujuan dari diciptakannya VR ini tidak hanya untuk sekedar bersenang-senang tetapi juga diharapkan dapat meningkatkan cara kerja otak dari sang pengguna, seperti berkerja baik dalam dunia Pendidikan dan pelatihan industri. Selain itu tentu ada manfaat yang dihasilkan dari perangkat ini, seperti untuk berbisnis, kebutuhan medis, Pendidikan, militer, dan bahkan sangat baik untuk tumbuh kembang imajinasi anak. Tetapi jika digunakan terlalu lama VR ini juga dapat menimbulkan efek samping seperti pusing, mual-mual, gangguan pada mata dan telinga, bahkan dapat menyebabkan imajinasi yang berlebihan.

 

POTENSI BISNIS & PREDIKSI KEDEPANNYA

Dengan adanya Virtual Reality ini dunia semakin dimudahkan dalam berbagai macam bidang, termasuk banyak sekali potensi bisnis yang dapat dihasilkan oleh VR ini. Dan mungkin kedepannya VR akan semakin merajalela dalam semua bidang, terutama bidang bisnis. VR ini dapat menimbulkan peluang bisnis yang cukup besar seperti sebagai media simulasi untuk belajar menyetir, simulasi untuk bedah medis, permainan video games yang akan semakin menarik dan beragam, dll. Hal-hal yang disebutkan diatas dapat menjadi potensi bisnis yang dibukakan oleh perangkat VR ini, jadi tidak menutup kemungkinan VR akan menjadi salah satu perangkat yang akan dibutuhkan serta digemari oleh banyak orang nanti.

 

Daftar Pustaka:

Abidin, R. (2016, April 26). Pengertian Virtual Reality dan Perbedaannya dengan Augmented Reality. Retrieved from teknojurnal.com: https://teknojurnal.com/pengertian-virtual-reality-dan-perbedaanya-dengan-augmented-reality/

Admin. (2018, October 2). Potensi Teknologi “Augmented Reality” dan “Virtual Reality” dalam Bisnis Digital. Retrieved from https://www.ui.ac.id/potensi-teknologi-augmented-reality-dan-virtual-reality-dalam-bisnis-digital/

Admin. (2020, March 4). Ini Dia, 9 Contoh dan Penerapan Virtual Reality di Indonesia. Retrieved from https://www.smarteye.id/blog/contoh-penerapan-vr/

Admin. (2020, March 5). Mengenal Mixed Reality dan Prediksi Penerapannya di Indonesia. Retrieved from https://www.smarteye.id/blog/pengertian-apa-itu-mixed-reality/

Admin. (2020, Maret 5). Mengenal Virtual Reality (VR) dan Kegunaannya yang Dapat Semua Kalangan Nikmati, Terutama Kalangan Bisnis. Retrieved from https://www.smarteye.id/blog/apa-itu-vr-dan-kegunaannya/

Apa itu Augmented Reality dan Contohnya? (2020, November 30). Retrieved from https://www.dicoding.com/blog/apa-itu-augmented-reality-dan-contohnya/

Peluang Bisnis Bagi Perusahaan dalam Menerapkan Teknologi AR & VR. (n.d.). Retrieved from https://amt-it.com/peluang-bisnis-teknologi-ar-vr/

Polos, I. G. (2020, January 14). Dampak Penggunaan Virtual Reality dan Cara Mengatasinya. Retrieved from https://academy.miraclegates.com/dampak-penggunaan-virtual-reality-dan-cara-mengatasinya/

Theunstoppables. (2020, February 20). Virtual Reality, Teknologi Masa Depan? Retrieved from https://yonulis.com/2020/02/20/virtual-reality-teknologi-masa-depan/

Yudha. (2018, July 25). Menakjubkan, Ini 8 Prediksi Teknologi Virtual Reality di Masa Depan. Retrieved from https://www.idntimes.com/tech/gadget/viktor-yudha/prediksi-teknologi-virtual-reality