Tren E-Health

E-Health adalah salah satu aplikasi yang melayani dari segi kesehatan dengan adanya kombinasi antara teknologi informasi dan komunikasi serta bidang kesehatan. Dengan adanya E-Health ini masyarakat dapat lebih mudah untuk mengakses layanan kesehatan dan juga dapat menghemat sejumlah biaya untuk mendapatkan layanan kesehatan. E-Health juga memberikan pelayanan yang akurat dalam konteks “Online” dengan cara pertama, seperti membuat janji konsultasi kepada dokter, memesan obat, dan juga dapat memberikan sebuah edukasi meliputi kesehatan.

Jenis Layanan E – Health

Dalam pelayanan E-Health terdapat beberapa jenis yang di gunakan untuk para user/pengguna nya, yaitu :

  • E-Health penyedia layanan kesehatan
    Salah satu contoh penyediaan nya seperti mencakup dalam institusi edukasi terhadap medis. Hal ini di terapkan dan di gunakan secara efektif melalui adanya webinar seperti zoom meeting ataupun modul pembelajaran online lainnya terhadap sarana edukasi yang mendalami tentang kesehatan.
  • E-Health untuk konsumen
    Biasanya digunakan untuk melayani dan memberikan informasi lebih detail terhadap masyarakat yang telah di tata melalui beberapa web seperti klikdokter.com. Hal tersebut akan sangat berguna sekali untuk para masyarakat yang ingin mengkonsultasi dengan dokter secara pribadi (Online), melakukan pemeriksaan lab, bahkan dapat memesan ambulans secara online.
  • E-Health untuk para peneliti
    Pemanfaatan ini dapat di gunakan seperti memproses data kesehatan. Contohnya seperti dengan adanya tren pandemi covid 19 kemarin, cakupan data nya dapat digunakan sebagai kebijakan pengobatan.

Penerapan Trend E – Health

Dalam penerapan E-Health ini di gunakan dari beberapa perkembangan teknologi, seperti :

  • AI (Artificial Intelligence)
    Penerapan ini dapat di gunakan untuk memeriksa lebih dalam tentang diagnosis penyakit dan dapat membantu proses operasi berjalan dengan lancar karena memiliki ketelitian dan kefokusan yang baik.
  • Perangkat yang dikenakan di tubuh
    Penerapan ini di gunakan sebagai mengukur detak jantung dan mengatur nya dari berbagai aktivitas yang di lakukan, dan salah satunya contohnya seperti gelang.
  • AR dan VR
    Penerapan ini dapat di gunakan untuk mengobati secara tidak langsung, seperti bagi penderita demensia karena lansia akan dapat mengembalikan ingatan dari adanya waktu, bisikan suara, dan peristiwa masa lalu yang tidak dapat di lupakan.

Dampak dari adanya E-Health

Dengan adanya E-Health ini akan memberikan beberapa dampak positif dan negatif.
Dampak Positif

  • Lebih memudahkan konsumen dalam masalah biaya
  • Ruang lingkup pelayanan kesehatan yang luas
  • Mendorong terjadinya hubungan yang baik antara tenaga kesehatan dengan pasien, juga dapat mendorong adanya pertukaran informasi dalam Lembaga-lembaga kesehatan.

Dampak Negatif

  • Jangkauan wilayah masih terjangkau karena di sebagian area masih memiliki kualitas internet yang tidak baik.
  • Tidak dapat di gunakan oleh orang yang gaptek/gagap teknologi.

Terhadap dampak ini ke depannya akan membuat masyarakat lebih mudah dan lebih prepare tentang masalah yang berkaitan dengan “kesehatan”, Melalui aplikasi ini juga akan membuat masyarakat lebih mendapatkan informasi yang lebih detail dan cepat tanpa harus Onsite/berada di tempat (Rumah sakit/Puskesmas).

Potensi Bisnis kedepannya berdasarkan E-Health

Setelah mengetahui apa itu E-Health, kemungkinan potensi bisnis E-Health yang dapat di kembangkan ke depannya seperti : 3D Visual.
Dengan adanya 3D Visual digunakan untuk memproduksi peralatan medis seperti ventilator dan juga masker. Teknologi ini juga dapat membantu untuk lebih siap menghadapi ancaman-ancaman virus seperti pandemic covid 19 ini, bahkan pandemic virus masa depan lainnya yang akan terjadi.

Sumber Referensi :

Admin. (2019, August 12). Penggunaan Aplikasi Kesehatan Digital di Indonesia, Hanya 10% dari Total Penduduk. Retrieved from https://media-infokes.com/2019/08/22/penggunaan-aplikasi-kesehatan-digital-di-indonesia-hanya-10-dari-total-penduduk/

Admin. (2020, July 9). PERAN TEKNOLOGI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KESEHATAN DAN MENGHADAPI PANDEMI. Retrieved from https://dcs.binus.ac.id/2020/07/09/peran-teknologi-dalam-meningkatkan-kualitas-kesehatan-dan-menghadapi-pandemi/

Junyanti. (2019, October 21). E-HEALTH. Retrieved from https://sis.binus.ac.id/2019/10/21/e-health/

MPH, d. F. (2020, Maret 9). Ketahui Jenis-jenis e-Health dan Kegunaannya. Retrieved from https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/2664643/ketahui-jenis-jenis-e-health-dan-kegunaannya

MPH, d. F. (2020, Maret 6). Melihat Perkembangan Teknologi Kesehatan di Era Digital. Retrieved from https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/2664645/melihat-perkembangan-teknologi-kesehatan-di-era-digital

 

 

 

 

 

Ferrel Young, Mahasisw BC 24