Perlukah Digital Money 2.0 dalam Bisnis?

Pada artikel kali ini, saya akan membahas tentang salah satu dari sekian banyak jenis dari future trends yaitu “Digital Money 2.0” dan juga ruang lingkup yang akan saya bahas berupa pengertian dari digital money, contoh penerapan dari jenis trand ini, dampak dari penerapan tersebut dan juga potensi kedepanannya berdasarkan trand dari digital money.

Pengertian dari Digital Money
Sama seperti uang konvensional, pada dasarnya digital money merupakan alat transaksi yang digunakan untuk memperjual belikan barang ataupun jasa. Tetapi perbedaannya digital money tidak memiliki bentuk fisik seperti bentuk dari uang konvensional yaitu kertas dan koin. Transaksi menggunakan digital money ini biasanya menggunakan media elektronik seperti handphone dan laptop yang memiliki jaringan internet. Digital money sendiri terbagi menjadi 2 jenis besar yaitu:

– Uang digital yang memiliki nilai mata uang suatu negara. Jenis uang digital ini sudah banyak dipakai oleh masyarakat diseluruh dunia. Dimana uang digital ini merupakan uang biasa yang disetorkan ke suatu badan instansi seperti bank. Selanjutnya kita sebagai pemilik uang tersebut dapat menggunakannya tanpa mengambil uang tersebut dari bank tetapi kita bisa menggunakannya hanya dari handphone yang kita miliki. Seperti pengunaan fitur transfer atau M-banking.
– Cryptocurrency atau mata uang digital. Jenis digital money ini berbeda dengan jenis sebelumnya dimana uang digital ini tidak menggunakan mata uang suatu negeri tetapi mereka memiliki mata uang mereka sendiri, dimana salah satunya adalah Bitcoin. Hingga saat ini terdapat ratusan jenis mata uang digital ini diseluruh dunia.
Pada artikel kali ini saya akan membahas lebih dalam tentang mata uang digital atau Cryptocurrency.

Contoh dan perediksi penerapan trend mata uang digital
Contoh dari penerapan trend mata uang digital ini adalah banyak sekali kemunculan dari berbagai jenis mata uang digital diseluruh dunia, dimana mata uang digital ini atau cryptocurrency mulai booming dimasyarakat saat sekitaran pertengahan tahun 2020. Lalu salah satu contoh nyata penerapan trend ini adalah kita dapat membeli sebuah mobil Tesla dengan menggunakan mata uang digital Bitcoin. Selanjutnya saat ini (18 April 2021) trend mata uang digital ini sangat lah tinggi dimana sekarang banyak orang yang mulai terjun kedunia Cryptocurrency karena bisa digunakan untuk investasi dan trading yang dapat menghasilkan keuntungan.

Prediksi penerapan trend mata uang digital ini adalah kedepannya mata uang digital ini akan semakin dikenal hingga keseluruh kalangan didunia. Mata uang digital juga nantinya akan menjadi salah satu dari banyak pilihan tempat untuk berinvestasi. Serta prediksi kedepan lainnya adalah mata uang digital ini nantinya akan dapat digunakan untuk membeli berbagai jenis produk produk barang ataupun jasa atau sederhananya adalah mata uang digital ini di prediksikan akan menjadi mata uang yang akan dipakai untuk alat transaksi sehari hari.

Dampak dari penerapan trend mata uang digital
• Banyak orang yang berbondong bonding ingin untuk melakukan pembelian mata uang digital ini dengan maksud untuk mencari keuntungan. Tetapi pada dasarnya untuk mendapatkan keuntungan tidak semudah itu karena nilai dari mata uang digital tersebut juga bisa mengalami penurunan sehingga mengakibatkan kerugian.
• Banyak orang yang menginvestasikan uang mereka ke mata uang digital ini untuk jangka panjang karena mereka memprediksi mata uang digital tersebut akan memiliki nilai yang lebih besar suatu hari nanti.
• Munculnya orang orang yang menggap pekerjaan mereka adalah cryptocurrency dimana mereka bekerja untuk menganalisa mata uang digital yang nantinya mereka akan investasikan atau trading uang mereka di cryptocurrency ini.
• Meningkatkan peluang untuk terwujudnya penggunakan mata uang digital untuk alat transaksi sehari hari karena sudah ada perusahaan besar seperti Tesla yang menggunakan mata uang digital Bitcoin untuk alat transaksi mereka.

Potensi bisnis kedepannya dari trend mata uang digital
• Menjadi seorang cryptoanalis dengan belajar seluruh selukbeluk dari mata uang digital ini sehingga dapat sukses dalam menginvestasikan ataupun melakukan trading di mata uang digital ini.
• Memunculkan peluang untuk membuka kelas cryptocurrency yang mengajarkan orang orang untuk menganalisa mata uang digital ini bagi mereka yang sudah menjadi orang yang handal dalam menganalisa mata uang digital ini.
• Membuat aplikasi yang memungkinkan orang untuk melakukan trading ataupun investasi mata uang digital menggunakan aplikasi tersebut. Menurut saya ini sangat menjanjikan karena aplikasi akan selalu mendapatkan keuntungan ketika seseorang ingin menarik uang mereka dari aplikasi tersebut.

Referensi

kompasiana.com

money.kompas.com

 

Hubert Rafael Widiarto, Mahasiswa BC 24