Bisnis Tren Masa Depan Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup sehat merupakan gaya hidup yang cenderung memperhatikan pada segala aspek kondisi kesehatan tubuh mulai dari konsumsi makanan, nutrisi, dan lain sebagainya yang dikonsumsi masyarakat sehari-hari yang dapat menghindari masalah kesehatan pada tubuhnya.

Sebelum pandemi terjadi, masyarakat Indonesia masih belum sadar akan kesehatannya dan masih menyepelekan kesehatan sehingga masyarakat Indonesia sangat terbiasa dengan hal-hal yang seharusnya tidak dilakukan seperti jajan yang sembarangan, makan makanan yang pedas, dan masih banyak lagi makanan lain yang tidak sehat. Hal ini dapat dikatakan bahwa saat pandemi belum terjadi, masyarakat Indonesia tidak memprihatin kesehatan mereka sendiri.

Seiring waktu pandemi pun terjadi, semua masyarakat Indonesia telah menyadari betapa pentingnya kesehatan dan kini gaya hidup sehat menjadi tren di semua kalangan masyarakat Indonesia. Mereka lebih memilih olahraga dengan jalan kaki dan bersepeda. Selain itu, mereka juga mengubah pola hidup dari yang tidak sehat menjadi lebih sehat dengan mengurangi konsumsi yang tidak menjamin sehat dan menggantikan makanan yang tidak sehat dengan makanan yang bergizi dan sehat. oleh karena situasi seperti itu, akan ada peluang yang cukup besar untuk membuka bisnis tren yang baru di masa depan yaitu bisnis tren yang mengembangkan gaya hidup lebih sehat yang mungkin dapat diprediksikan meningkatnya kesadaran masyarakat Indonesia akan kesehatan itu penting misalnya bisnis catering atau F&B makanan yang sehat untuk orang yang ingin memperbaiki gizi dan dapat membantu untuk mengubah pola hidup yang sehat, bisnis menjual sepeda dapat membantu orang yang ingin melakukan olahraga menjadi lebih sehat, bisnis peralatan kebersihan tangan dan masker dapat meminimalisir masalah penyakit, dan masih banyak lagi tren lainnya terutama gaya sehat yang semakin dibutuhkan semua orang di tengah kesibukan yang sulit terkendali.

Tidak sampai situ saja, ada alasan lain mereka memilih makanan lebih sehat karena sebagian masyarakat Indonesia ingin melakukan diet khusus untuk mencegah alergi, menghindari kelebihan berat badan, menghindari berbagai penyakit, dan masih banyak solusi lainnya yang diharapkan dapat mengatasi masalah yang ada.

Hasil survey ini mengatakan bahwa masyarakat Indonesia mengutamakan kebutuhan kesehatan di saat ini seperti pembersih tangan, makanan bervitamin, sayur & buah, sepeda dan masih banyak lagi hal lainnya yang terkait dengan kebutuhan kesehatan. Di sini dapat dikatakan bahwa hand sanitizer dan sepeda sangat dibutuhkan oleh banyak orang dibanding sayur & buah hanya sedikit yang dibutuhkan. Walaupun hal tersebut, masih banyak orang yang sangat membutuhkan sayur & buah juga untuk meningkatkan kesehatan, memperbaiki gizi, dan mengubah pola hidup menjadi sehat untuk menghindari berbagai penyakit yang tidak diinginkan. Dengan hal ini terdapat ide bisnis tren masa depan yaitu bisnis F&B makanan yang sehat yang meliputi sayuran dan buah.

Tidak hanya itu saja, adapun survey lain yang menyatakan selain teknologi yang sudah cukup banyak, banyak orang membutuhkan kemasan yang ramah terhadap lingkungan juga.

Di sini terdapat ide bisnis tren masa depan yaitu bisnis pembuatan packaging yang ramah terhadap lingkungan seperti membuat tas belanja, kardus berbentuk kotak tempat barang dan makanan, dan masih banyak lagi untuk mengurangi sampah yang sulit dihancurkan atau sulit didaur ulang. Masih ada beberapa bisnis yang masih menggunakan plastik sehingga terdapat peluang bagi pengusaha yang ingin membuka bisnis baru pembuatan packaging yang ramah terhadap lingkungan. Packaging ini sangat diincar banyak orang karena saat ini sudah tidak diperbolehkan untuk menggunakan plastik lagi.

 

 

 

Referensi :

 

Hadijah, Siti. 2021. Peluang Bisnis dari Tren Gaya Hidup Sehat. Diakses pada 8 April 2021 melalui https://www.cermati.com/artikel/peluang-bisnis-dari-tren-gaya-hidup-sehat

 

Priherdityo, Endro. 2016. Survei: Masyarakat Indonesia Mulai Sadar Makanan Sehat. Diakses pada 8 April 2021 melalui

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20160909050532-255-157172/survei-masyarakat-indonesia-mulai-sadar-makanan-sehat

 

Andriarsi, Melati Kristina. 2020. Pandemi Membuat Kesadaran Pola Hidup Sehat Meningkat. Diakses pada 8 April 2021 melalui https://katadata.co.id/ariemega/infografik/5f5b532185fa5/pandemi-membuat-kesadaran-pola-hidup-sehat-meningkat

 

Jordan, Laura, Felicitas, dan Erik. 2020. Innovation in a crisis: Why it is more critical than ever. Diakses pada 8 April 2021 melalui https://www.mckinsey.com/business-functions/strategy-and-corporate-finance/our-insights/innovation-in-a-crisis-why-it-is-more-critical-than-ever