Smart home seperti Alexa?

Image Source: techno.okezone.com

Sekarang ini sudah mulai banyak yang membeli ataupun menggunakan smart home system. Smart home sendiri merupakan system pengelolaan rumah yang dirancang menggunakan teknologi yang canggih. Smart home system sekarang sudah membantu penggunanya menikmati otomatisasi rumah yang bisa mengontrol segala hal melalui smartphone. Penggunanya bisa menikmati mulai dari melakukan pengaturan terhadap perabot rumah [ seperti mesin cuci, pendingin ruangan, kulkas, dan lain sebagainya ], pengaturan cahaya [ seperti mengatur terang redupnya lampu-lampu ]. hingga pengelolaan aspek keamanan rumah itu sendiri [ seperti kamera CCTV dan sistem kunci pada pintu ].

Smart home system ini juga bisa dihubungkan dengan smart home speaker system seperti yang sudah ada pada saat ini yaitu alexa, google home, google nest dan lain sebagainya. Alexa ini meruapakan kecerdasan buatan atau yang dikenal dengan Artificial Intelligence (AI), yang dimana ketika penggunanya ingin melakukan sesuatu hal hanya cukup dengan berbicara saja kemudian alexa yang membantu melakukan hal yang diminta oleh penggunanya tersebut. Contohnya seperti penggunanya ingin mematikan lampu kamar maka pengguna cukup melontarkan kalimat “ turn off the room lights “ dan kemudian alexa akan menjawab lalu mematikan lampu kamar tersebut.

Smart home system yang menggunakan teknologi yang sangat canggih tersebut akan lebih memiliki keunggulan atau keuntungan yang lebih dibandingkan rumah biasanya yang tidak menggunakan smart home system. Semakin banyak peralatan yang dihubungkan dengan smart home system maka manfaat yang dapat dinikmati pun akan lebih banyak. Manfaat dari menggunakan smart home system seperti :
– Akan dipermudah dalam melakukan suatu kegiatan : hal ini karena dapat mengakses hampir semua aspek melalui smartphone
– Keamanan dapat terjamin : karena penggunanya bisa mengecek CCTV melalui smartphone ataupun dengan menggunakan smart lock pada pintu
– Hemat energi : karena penggunanya bisa mengontrol perangkat elektronik yang ada dirumah mereka melalui smartphone sehingga penggunanya tidak lagi lupa mematikan yang menyebabkan membuang energi sia-sia.

Smart home system ini akan menjadi future trends yang sangat popular apalagi
di kalangan anak muda, hal ini karena dengan adanya smart home ini akan membantu penggunanya melakukan hal secara lebih praktis dan mudah digunakan, selain itu kedepannya teknologi akan lebih canggih dibandingkan sekarang ini yang nantinya akan serba digital. Oleh karena itu, ini membuka peluang bisnis seperti melakukan atau menjalin Kerjasama dengan orang design interior dengan membuat lemari pakaian yang bisa dihubungkan dengan alexa atau lainnya untuk mematikan atau menyalakan lampu yang ada di lemari pakaian tersebut. Selain itu peluang bisnis lainnya seperti bekerjasama dengan suatu perusahaan yang membuat kompor yang bisa dihubungkan menggunakan wifi ke smartphone sehingga penggunanya bisa menyalakan atau mematikan serta mengatur besar kecil api kompor melalui smartphone mereka masing-masing. Melakukan kerjasama tersebut akan lebih tepat dan efisien karena kita melakukan brainstorming kemudian menyampaikan konsepnya yang baik akan seperti apa, kemudian mereka yang membuat dan para pebisnis yang membantu memasarkan produk tersebut dikalangan masyarakat.

Source : visioforce.com

 

Referensi
IMAM. (2020, JUN 4). apa itu smart home system? Retrieved from 99.co: https://www.99.co/id/panduan/smart-home-system
Fauzi, M. P. (2017, Mei 01). techno bisnis . Retrieved from oketechno: https://techno.okezone.com/read/2017/04/30/207/1680005/amazon-ciptakan-kecerdasan-buatan-alexa-akan-lebih-mirip-manusia
Nilaya batu. (n.d.). manfaat teknologi smart home. Retrieved from nilayabatu.com: https://nilayabatu.com/manfaat-teknologi-smart-home/

 

Angeline Pearlie Wijaya, Mahasiswa Business Creation 24