Penerapan Hyperloop pada Industri Transportasi

Definisi dari hyperloop

Hyperloop adalah sebuah trend bisnis yang sangat di tunggu tunggu oleh masyarakat luas dimana dapat berpengaruh terhadap era era teknologi yang sangat canggih dan hebat. Karena hyperloop tersebut berupa sebuah transportasi berupa kereta masa depan yang membuat sebuah negara menjadi negara yang maju dan tidak tertinggal teknologi. Kemudian hyperloop tersebut juga merupakan kereta tercepat sepanjang masa yang di buat dengan alat penggerak kereta yang sangat cangih dan kecepatan yang sangat tinggi.

Penerapan trend

Hyperloop tersebut dapat di terapkan dengan adanya kereta yangbeberntuk sebuah kapsul yang mampu kecepatan yang sangatlah tinggi. Dapat di katakan jika perjalanan dari Jakarta menuju Surabaya dengan menaiki kereta pada umumnya harus memakan waktu hingga 10 jam lebih. Tetapi dengan menggunakan hyperloop tersebut Jakarta Surabaya dapat di tempuh dengan memakan waktu kurang dari 1 jam.

Hyperloop tersebut dapat di terapkan dengan adanya kereta yangbeberntuk sebuah kapsul yang mampu kecepatan yang sangatlah tinggi. Dapat di katakan jika perjalanan dari Jakarta menuju Surabaya dengan menaiki kereta pada umumnya harus memakan waktu hingga 10 jam lebih. Tetapi dengan menggunakan hyperloop tersebut Jakarta Surabaya dapat di tempuh dengan memakan waktu kurang dari 1 jam.

Kemudian dari itu jalur kereta tersebut di buat dengan jalur kereta yang tidak pada umumnya. Karena kereta tersebut di buat jalurnya seperti kereta LRT yang lintasannya di buat seperti jalan layang/ kereta layang. Tetapi,  hyperloop tersebut di lindungi lagi oleh sebuah pipa bulant yang sangat kuat dan menggunakan bahan hasil bumi yang sangat kuat yaitu baja sehingga kereta tersebut dapat melaju dengan kencang.

Jika bahan pipa tersebut tidak kuat maka ada sebuah masalah yang membuat kereta tersebut tidak dapat melaju dengan kencang Lalu di dalam lintasan kapsul yang berupa pipa tersebut, udara yang masuk akan di serap oleh mesin kereta, kemudian di hembuskan ke bagian bagian kereta  yang mengeluarkan udara dan menghasilkan sebuah gesekan tinggi sehingga membuat jarak kereta dan pipa tersebut tidak terlalu dekat dan membuat kereta dapat melaju kencang

Dampak dari penerapan trend

Tentunya dengan adanya trend hyperloop tersebut dapat membantu pola piker masyarakat sekitar menjadi berubah. Dengan contoh adanya hyperloop tersebut membuat kereta pada umumnya menjadi tidak di gunakan kembali dan juga lama kelamaan  perushaan kereta menjadi punah atau tidak ada peminatnya

Kemudian dari itu dampak adanya penerapan trend tersebut dapat membuat atau membantu masyarakat sekitar pergi ke luar kota menjadi lebih cepat dan tidak memakan waktu yang lama terutama juga dalam pariwisata dapat merasakan adanya naik kereta dengan kecepatan tinggi.

Lalu dengan adanya penerapan hyperloop tersebut juga dapat mengancam adanya industry penerbangan di Indonesia karena masyarkat pasti berpikir dengan adanya kereta super cepat tersebut dan aman mengapa tidak menggunakan kereta tersebut saja di bandingkan naik pesawat yang memakan waktu 2 jam untuk terbang sedangkan dengan menaiki kereta tersebut waktu yang dapat di tempuh kurang dari 1 jam.

Potensi bisnis kedepannya

Tentunya dengan adanya hyperloop tersebut bagi masyarakat sekitar membuat masyarkat sekitar menjadi senang akan transportasi bebasis canggih dan maju. untuk sebuah potensi bisnis ke depannya sangatalah baik dan membuka sebuah peluang tertentu untuk menghadirkan transportasi dengan teknologi canggih ini.

Namun dari itu untuk ke depannya, bisnis yang di lakukan ini belum tentu bisa di wujudkan begitu saja oleh berbagai negara lainnya terutama Indonesia. Karena bisnis ini masih dalam masa peralihan dan juga masi dalam masa uji coba sehingga belum bisa di wujudkan dengan baik

Kemudian dari itu bisnis membuat hyperloop tersebut membutuhkan adanya budget yang sangat besar karena termasuk ke dalam proyek yang akan berpengaruh terhadap semua masyarkat yang ada dan biaya yang di tawarkan oleh pengembang hyperloop ini sangatlah mahal. Maka, banyak negara yang kemungkinan besar tidak akan menggunakan hyperloop. Tetapi, dari itu mereka harus beralih kepada teknologi yang canggih karena di masa sekarang ini sudah banyak negara yang meninggalkan teknologi yang bersifat tradisional.

Referensi

artikel-teknologi.com

kumparan.com

kompasiana.com

Gerry Steven Emmanuel, Mahasiswa Business Creation 24