Menyambut Otomatisasi Bisnis pada Abad-21

Image Source: technologyvisionaries.com

Memasuki dekade kedua pada abad 21 ini, semakin banyak hal baru yang ditemukan. Beragam inovasi dikembangkan dengan segala kreatifitas yang didukung kemajuan teknologi. Perkembangan zaman semakin melesat. Tidak ada lagi kata tidak mungkin pada abad 21 ini. Sederhananya, segalanya dapat diwujudnyatakan. Termasuk mengenai otomatisasi di segala bidang.

Mengutip dari KBBI, otomatisasi berarti “penggantian tenaga manusia dengan tenaga mesin yang secara otomatis melakukan dan mengatur pekerjaan sehingga tidak memerlukan lagi pengawasan manusia (dalam industri dan sebagainya)”. Lebih lagi, menurut Fauzan Ghifari (2013), otomatisasi merupakan “sebuah bidang ilmu pengetahuan yang menuntuk kepada para penggunanya untuk merubah mesin yang manual menjadi otomatis, sehingga di dalam pengerjaannnya otomasi dapat mempermudah proses kehidupan yang ada”. Dengan demikian, otomatisasi dapat diartikan sebagai sebuah cara untuk meringankan pekerjaan manusia melalui penggunaan mesin otomatis sehingga pekerjaan akan terasa lebih mudah, efektif, dan efisien.

Otomatisasi sudah sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Sadar atau tidak, segala hal terasa dipermudah berkat otomatisasi di segala bidang. Mulai dari otomatisasi pembayaran, kegiatan belajar, hingga sesederhana kegiatan pekerjaan rumah tangga. Otomatisasi tidak hanya sekadar meringankan pekerjaan manusia, namun juga dapat memperkecil biaya sekaligus meningkatkan efisiensi waktu yang dibutuhkan. Kemajuan teknologi berperan penting di sini. Pengunaan Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning (ML) akan membantu manusia dalam proses pengambilan keputusan sekaligus mengurangi intervensi manusia dalam proses bekerja nantinya.

Kegiatan otomatisasi, khususnya pada bidang bisnis, telah terjadi. Misalnya, proses pembayaran yang serba digital tanpa uang tunai. Tak begitu terasa memang perubahannya, namun pengadaan otomatisasi pembayaran ini membuat pencatatan keuangan menjadi lebih terintegrasi. Ada berbagai alasan mengapa sebuah bisnis perlahan namun pasti bergerak melakukan otomatisasi. Mulai dari untuk meringankan biaya, mempercepat proses pelayanan kepada konsumen, mengolah data, ataupun karena mengikuti kondisi yang terjadi, misalnya pandemi COVID 19 yang sedang terjadi saat ini. Lebih lagi, pengadaan otomatisasi pada bisnis dapat membawa keuntungan tersendiri. Melansir dari laman Influensive.com, otomatisasi sistem bisnis dapat membawa sekiranya tiga keuntungan, yaitu perusahaan memiliki kemampuan untuk beradaptasi yang relevan dengan kondisi bisnis, mendapatkan sejumlah konsumen karena mampu memahami apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan mereka, serta menjaga kualitas dan konsistensi produk bisnis beserta pelayanannya. Dengan berbagai keuntungan ini, adalah mustahil bila suatu perusahaan melewatkan kesempatan untuk dapat meningkatkan kualitas bisnisnya dengan cara pengadaan otomatisasi.

Ke depannya, otomatisasi bisnis dapat semakin melebar. Potensi berkembangnya trend ini akan sangat besar dan dapat mencakup berbagai aspek, sesederhana apapun itu. Tak lain karena otomatisasi bisnis membuat banyak pihak diuntungkan, baik produsen ataupun konsumen. Hal ini terang saja menjadi awal baru bagi berbagai industri bisnis. Dapat diperkirakan berapa banyak bisnis yang dengan mudah mengintegrasikan sistemnya sehingga proses bisnisnya dapat berjalan dengan lancar. Menariknya lagi, dengan terintegrasinya sistem dalam bisnis melalui otomatisasi, perusahaan dapat mengukur kemampuan dirinya mengenai sejauh apa langkah yang telah dan akan diambil kelak.

 

Referensi:

“Kamus Besar Bahasa Indonesia”. KBBI.web.id. 15 April 2021. https://kbbi.web.id/otomatisasi

“3 Pengertian Otomasi Menurut Para Ahli dan Macam-Macamnya Lengkap”. www.indonesiastudents.com. 6 November 2017. 15 April 2021. https://www.indonesiastudents.com/3-pengertian-otomasi-menurut-para-ahli-dan-macam-macamnya-lengkap/

“Business Process Automation – Things That You Can Expect”. www.influencive.com. 12 April 2021.  15 April 2021. https://www.influencive.com/business-process-automation-things-that-you-can-expect/

“Proses Bisnis Otomatis Bagi Perusahaan”. Sleekr.co. 23 November 2016. 15 April 2021. https://sleekr.co/blog/proses-bisnis-otomatis-bagi-perusahaan/

Joice Virrence, Mahasiswa Business Creation 22