Augmented Reality: Menyatunya Dunia Maya dan Nyata

Definisi

Seiring dengan adanya perkembangan zaman, tidak dipungkiri lagi bahwa setiap zaman manusia terus berinovasi dan juga menciptakan suatu hal baru. Augmented reality merupakan salah satu teknologi baru yang sangat berguna untuk masa depan teknologi di dunia. Augmented reality sendiri diciptakan diawal tahun 1990-an. Augmented reality ini merupakan teknologi yang dapat menggabungkan secara real time terhadap digital content yang dibuat oleh komputer dengan dunia nyata. Augmented reality memperbolehkan pengguna melihat objek maya dua dimensi atau tiga dimensi yang diproyeksikan atau ditampilkan terhadap dunia nyata. Teknologi dari augmented reality (AR) dapat memberikan informasi kepada dunia maya dan menampilkan informasi tersebut ke dunia nyata dengan bantuan alat teknologi lain seperti kamera, webcam, smartphone, laptop dan bisa saja kacamata khusus.

Penerapan Trend

Augmented reality (AR) menjadi teknologi yang digunakan dalam suatu game yang bernama pokemon go. Dimana dalam game tersebut kita dapat menangkap pokemon dengan menggunakan augmented reality dengan bermodalkan kamera dari smartphone yang kita miliki, kita bisa menikmati teknologi AR dengan bermain game. Dengan menggabungkan karakter pokemon tersebut yang berasal dari game dan dengan teknologi AR dapat membantu menggabungkan objek dua dimensi tersebut ditampilkan kepada dunia nyata.

Selain game pokemon go, ada juga aplikasi lain yang menggunakan teknologi AR tetapi aplikasi ini bukan berbentuk game tetapi merupakan pusat berbelanja furniture IKEA yang menggunakan konsep teknologi AR dalam aplikasi yang mereka ciptakan. Di aplikasi tersebut kita dapat menggunakan teknologi AR dengan hanya menggunakan kamera dari smartphone yang kita miliki, kita bisa memilih satu meja ataupun kursi lalu kita bisa menyesuaikan dengan letak di rumah dengan menggunakan teknologi AR yang sangat membantu para pembeli untuk menentukan pilihan terlebih dahulu dengan menggunakan teknologi AR sebelum membeli barang tersebut. Dari suatu hal kecil seperti teknologi AR ini sudah membantu pembeli untuk dapat menentukan pilihannya sebelum membeli produk tersebut dikarenakan terkadang ada pembeli yang sudah terlanjur membeli produk tetapi merasa tidak cocok untuk ditaruh di rumahnya, maka dari itu teknologi AR ini sangat membantu.

Dampak Trend

Dampak dari Augemented reality ada positif tetapi ada juga negatif dari teknologi ini. Dampak positif dari teknologi AR ini adalah dapat memudahkan para pengguna untuk membuat proses menjadi lebih efisien, dapat meningkatkan pelatihan pada anak-anak maupun remaja, menawarkan lebih banyak cara bagi orang untuk bekerja sama dan berkolaborasi dengan adanya teknologi AR ini dan teknologi AR ini dipercaya kedepannya juga bisa berguna untuk sektor kesehatan. Tetapi ada juga dampak negatif dari teknologi AR ini, terutama pada game yaitu dapat menimbulkan kecanduan dan dengan bermain game yang menggunakan teknologi AR diperlukan pengawasan orang tua bagi anak-anak.

Potensi bisnis

Potensi bisnis yang bisa menggunakan teknologi AR akan sangat cocok jika pemilik bisnis tersebut menjual furniture, lukisan, hiasan dinding, dan alat-alat elektronik lainnya. Dikarenakan jika pemilik bisnis tersebut menggunakan teknologi AR itu sangat membantu para pembeli untuk dapat menyesuaikan produk yang ingin dibeli dengan keadaan lingkungan yang akan dia tempati atau dia taruh. Maka dari itu untuk para pemilik bisnis sangat disarankan menggunakan teknologi AR dikarenakan dapat membantu para pembeli serta ada juga nilai plus dengan memiliki teknologi AR yaitu pembeli akan melihat bahwa perusahaan tersebut menarik dikarenakan menggunakan teknologi AR tersebut.