Innovative Youngpreneur Day 2021

Business Creation merupakan jurusan yang berada di bawah naungan BINUS Business School Undergraduate Program. Organisasi yang dimiliki Business Creation adalah BC Club yang memiliki visi menjadi suatu organisasi untuk mewadahi, menyalurkan, dan membantu dalam mengembangkan potensi mahasiswa/I Business Creation untuk menjadi entrepreneur yang handal di masa depan.

Dengan hal itu BC CLUB menyadari bahwa perlunya suatu kegiatan yang dapat menerapkan kemampuan mahasiswa Business Creation secara langsung, sehingga terciptalah acara Binus Festival dengan tema “Bifest: Innovative Youngpreneur Day 2021”. Acara ini dapat mewadahi mahasiswa/I Business Creation yang telah memiliki bisnis dan memulai launching untuk memasarkan produknya secara langsung. Selain itu, diadakan juga acara seminar dengan judul ‘Pitching Hacks’ dengan mengundang narasumber Ibu Benedikta Atika, Impact Investment Lead ANGIN (Angel Investment Network Indonesia) dan Ibu Hycynthia Kesuma, Investment Analyst ANGIN. Melalui acara seminar ini, diharapkan audience serta mahasiswa/I dapat mempunyai wawasan baru tentang cara melakukan pitching kepada investor dan diharapkan juga audience serta mahasiswa/I dapat mengetahui strategi komunikasi yang baik kepada investor. Selain itu dalam acara “Bifest: Innovative Youngpreneur Day 2021” dihadirkan juga kompetisi untuk mengasah kemampuan mahasiswa/I Business Creation. Kompetisi ini terbagi menjadi dua bagian yaitu basic dan advanced, dimana basic berisikan peserta yang belum memiliki bisnis dan advanced untuk peserta yang sudah memiliki bisnis. Acara ini dikemas dengan semenarik mungkin sehingga diharapkan dapat mengundang banyak audience.

Acara “Bifest: Innovative Youngpreneur Day 2021” dibuka pada hari Kamis, 20 Mei 2021. Diawali dengan open gate pada pukul 12.45 sampai dengan pukul 13.00. Pada sesi open gate ditayangkan video tenant dan pemutaran musik. Kemudian operator menayangkan video tenant yang dilanjutkan dengan memutar video countdown selama 10 detik. Setelah itu pada pukul 13.05 hingga pukul 13.15, Priscilla Irma dan Yohanes Leon selaku MC mulai membuka acara. MC menyerahkan acara pada moderator pukul 13.15 hingga pukul 13.20. Dilanjutkan seminar oleh pembicara 1 Benedikta Atika dan pembicara 2 Hycynthia Kesuma dari pukul

13.20 hingga pukul 14.20. Pada pukul 14.20 dilakukan sesi tanya jawab hingga pukul 14.50, dilanjutkan dengan sesi dokumentasi selama 3 menit. Selanjutnya closing seminar, acara kemudian dikembalikan kepada MC pada pukul 14.55. Kemudian pada pukul 14.55 dilakukan bridging oleh host selama 5 menit dan dilanjutkan dengan launching product, para tenant telah dibagi dalam breakout room sesuai dengan kategori produk dan audience dipersilahkan memasuki breakout room yang ingin mereka datangi pada pukul 15.00 hingga pukul 17.00. Tenant dibagi ke 11 breakout room yang berbeda berdasarkan jenis produk mereka. Pada setiap breakout room terdapat 1 orang PIC dari panitia yang mengatur berjalannya breakout room.

Setiap tenant di minta untuk mempresentasikan produknya selama 10 menit disertai dengan QnA. Kendala yang dihadapi adalah ketika ada tenant yang presentasi kurang dari 10 menit. Selain itu, setelah melakukan presentasi, seharusnya tenant tetap di breakout room untuk lanjut secara aktif menjual produk, namun tenant kembali ke main room. Terdapat sesi dokumentasi dan pengumuman yang dilangsungkan selama 5 menit pada pukul 17.00 hingga pukul 17.05. Dan terakhir acara ditutup oleh MC dan berakhir pada pukul 17.10.

Pada hari Jumat, 21 Mei 2021 acara dimulai dengan open gate acara lomba kategori basic pada pukul 8.30 dengan memutar musik. Kemudian Elsyira Carissa dan Jeremy Raphael selaku MC membuka acara pada pukul 09.00, dilanjutkan dengan menjelaskan peraturan mengenai lomba dan mengenalkan juri lomba hingga pukul 09.15. Kemudian presentasi group basic 1 dimulai pada pukul 09.15 dan melakukan tanya jawab dengan juri dengan total waktu

15 menit. Kemudian presentasi dilanjutkan untuk 6 group lagi, masing masing juga mendapatkan waktu 15 menit. Setelah seluruh group selesai melakukan presentasi pukul 11.15, dilanjutkan dengan sesi sharing dan evaluasi dengan Ibu Destasya dan Bapak Yossa Setiadi hingga pukul 11.30. Selanjutnya dilakukan dokumentasi pada pukul 11.30 dan penutupan acara lomba basic pada pukul 11.38. Kemudian pada pukul 13.00 dilanjutkan open gate acara lomba kategori advanced, dengan MC yang sama acara di buka pukul 13.30 yang disusul dengan penjelasan peraturan lomba serta pengenalan juri. Pukul 13.45 peserta group 1 advanced melakukan presentasi dan tanya jawab dengan total waktu 15 menit. Waktu serupa diterapkan kepada 6 group lainnya dan pada pukul 15.30 dilanjutkan dengan sharing session serta evaluasi oleh Bapak Eldwen Hizkia dan Ibu Vanessa Setiawan. Pada pukul 16.00 juri melakukan diskusi, bridging dan pembacaan pemenang tenant, acara melebihi batas waktu yang telah ditetapkan karena para juri mengambil waktu terlalu banyak. Selanjutnya dilakukan dokumentasi pada pukul 17.16. Hingga pada akhirnya acara ditutup oleh MC pada pukul 17.18.

 

 

Satrio Matin Utomo