Peluang Bisnis

Apakah definisi peluang bisnis?

Definisi peluang menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah kesempatan. Sedangkan bisnis adalah suatu individu/organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen untuk mendapatkan laba. Sehingga dapat disimpulkan peluang bisnis adalah kesempatan suatu individu/organisasi dalam menjual barang atau jasa kepada konsumen untuk mendapatkan laba.

Ada berbagai macam cara yang dilakukan oleh para pelaku usaha untuk memulai bisnis. Ada yang mencari ide bisnis, ada yang mempunyai produk, dan ada juga yang memulai dengan teknologi yang mereka kuasai. Menurut pengalaman dan pemahaman saya dalam dunia bisnis, bisnis yang baik pastinya mempunyai permintaan, permintaan itu lahir karena ketika kita menentukan ide bisnis sudah berdasarkan peluang bisnis yang ada.

Kita bisa mendapatkan inspirasi untuk peluang bisnis dari berbagai macam tempat, kondisi, waktu, dll. Akan tetapi kalau boleh saya kategorikan ada 3 hal, yaitu:

  1. Peluang bisnis berdasarkan kebutuhan

Banyak sekali ide bisnis yang bisa kita dapatkan pada kategori ini. Kita dapat lihat dari kebutuhan hidup masyarakat sehari-hari, kebutuhan untuk bekerja, kebutuhan untuk olahraga, dll. Contohnya makanan, transportasi, fasilitas olahraga.

  1. Peluang bisnis berdasarkan trend

Apabila melihat dari sisi trend, kita dapat lihat apa yang sedang ramai diperbincangkan dan dialami oleh masyarakat. Seperti masa pandemic Covid 19 saat ini. Banyak masyarakat yang #dirumahaja dan WFH, sehingga banyak permintaan layanan delivery untuk makanan atau makanan yang dapat diolah dirumah (frozen food).

  1. Peluang bisnis berdasarkan gap

Gap merupakan kesenjangan. Peluang bisnis yang dapat kita lihat bisa dari sisi harga. Contohnya produk nasi goreng di depan komplek @Rp 20.000 dengan nasi goreng keliling @Rp 10.000, dari range harga Rp 10.000-Rp 20.000 terdapat gap/kesenjangan dari sisi harga. Kita dapat memilih harga yang sesuai dengan range tersebut, contoh Rp 15.000 sebagai peluang bisnis kita. Selain harga kita dapat juga menambahkan nilai lebih agar produk nasi goreng kita lebih baik dari 2 pesaing sebelumnya.

Referensi: https://kbbi.kemdikbud.go.id/

Satrio Matin Utomo