Menyesuaikan dengan New Normal

  1. Pengertian New Normal

Definisi New Normal adalah suatu skenario untuk mempercepat penanganan COVID-19 dalam aspek kesehatan dan sosial-ekonomi (tirto.id). Berdasarkan definisi tersebut, suatu bisnis harus dapat beradaptasi dengan melakukan penyesuaian dalam proses bisnisnya.

  1. Penyesuaian dalam bisnis pada era New Normal

Penyesuaian perlu dilakukan dalam proses bisnis untuk memastikan bisnis tetap bertahan dan juga dapat berkembang pada era New Normal ini. Wabah virus Corona telah mempengaruhi kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia. Saat ini semakin sedikit orang yang bepergian keluar rumah sejak pemerintah menganjurkan untuk melakukan segala aktivitas dari rumah. Lalu, apa saja dampak virus corona terhadap kelangsungan bisnis?

Tentu ada banyak hal yang mempengaruhi bisnis di masa seperti ini. Salah satu penyebabnya adalah: konsumen jadi jarang keluar, hanya belanja seperlunya, dan melakukan berbagai transaksi via online. Selain itu, pembatasan sosial pun menyebabkan berbagai aktivitas bisnis mesti dilakukan secara jarak jauh. Sehingga, banyak pekerja yang harus untuk bekerja dari rumah (work from home).

  1. Penerapan penyesuaian bisnis pada era New Normal

Penyesuaian internal bisnis: Mulailah untuk fokus pada bisnis online, melakukan penyesuaian manajemen sumber daya manusia, dan mengelola keuangan dengan lebih hati-hati.

Penyesuaian eksternal bisnis: Mengurangi dampak negatif pada alur pasokan bisnis, dan memahami perubahan perilaku konsumen.

  1. Wirausaha New Normal

Wirausaha di Era New Normal dilakukan dengan beberapa penyesuaian yang telah dijelaskan sebelumnya. Penyesuaian itu perlu dilakukan agar bisnis dapat tetap bertahan dan bersaing dibandingkan dengan kompetitor.

 

Referensi

https://kbbi.kemdikbud.go.id/

https://infobrand.id/memprediksi-perubahan-perilaku-konsumen-di-new-normal.phtml

https://tirto.id/apa-itu-new-normal-dan-bagaimana-penerapannya-saat-pandemi-corona-fCSg

Satrio Matin Utomo